Sepanjang 2017, Indonesia Promosi Dagang dan Budaya di Filipina

:


Oleh Yudi Rahmat, Rabu, 8 Februari 2017 | 21:41 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 573


Jakarta, InfoPublik -  Indonesia akan menyelenggarakan sepuluh kegiatan promosi dagang dan budaya di Filipina Selatan Sepanjang tahun 2017 termasuk the 1st Indonesian Food and Beverages Expo (IFBE) di House of Indonesia Davao City pada 17-19 Maret.

"Promosi dagang dan budaya ini, dalam rangka mempererat hubungan dan kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia-Filipina,"kata  Konjen RI di Davao City Berlian Napitupulu saat melakukan pertemuan dengan Direktur Regional Department of Trade and Industry (DTI) XI, Maria Belenda Ambi dan Assistant Regional Director Edwin Banquerigo, Selasa (7/2).  

Melalui keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Rabu(8/2),  Napitupulu menjelaskan selain itu, pada tanggal yang sama, KJRI juga mengadakan Indonesian Culinary Festival (ICF) bekerjasama dengan Hotel Marco Polo Davao City.

Menurutnya, Konjen menyampaikan concern bahwa banyak masyarakat Filipina yang belum mengenal negara dan produk Indonesia dengan baik. Beberapa produk Indonesia sudah mulai masuk di pasar Filipina Selatan, namun sebagian produk tersebut masuk melalui negara ketiga.

Dalam kaitan itu, Konjen memohon dukungan Direktur Regional DTI terhadap rencana pelaksanaan pameran produk dan promosi kuliner Indonesia, termasuk mengajak para pejabat terkait dan pelaku usaha di Mindanao.

Dalam tanggapannya, Direktur Regional DTI menyatakan akan mendukung dan menghadiri pameran yang akan diselenggarakan KJRI. Direktur DTI juga menyampaikan optimisme bahwa hubungan dan perdagangan langsung akan meningkat terutama dengan rencana peluncuran Roro Davao City-General Santos-Bitung.

Pada hari yang sama, Konjen RI Davao City juga telah bertemu dengan Wakil Gubernur Provinsi Davao del Sur, Aileen C. Almendras untuk tujuan yang sama.

Wakil Gubernur Almendras menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan dimaksud dengan mendiseminasikan informasi mengenai pameran tersebut kepada para kalangan pebisnis di Davao del Sur dan daerah sekitarnya.

Pihak DTI Region XI juga optimis bahwa melalui rangkaian kegiatan promosi yang dilakukan oleh KJRI Davao akan turut mendorong peningkatan kerjasama dan perdagangan langsung kedua negara serta mendukung sustainability dari jalur laut RoRo (Roll on-Roll off) Davao-Gensan-Bitung yang rencananya akan diluncurkan tahun ini.

Secara khusus, Konjen Berlian juga menjelaskan mengenai daya tarik seni budaya dan keunggulan destinasi pariwisata Indonesia. Sebagai hasilnya Wakil Gubernur memutuskan untuk berkunjung ke Bali dalam beberapa hari kedepan. “Good neighbors should visit each other” tutup Konjen Berlian pada pertemuan tersebut.