Satpol PP Kubu Raya Tertibkan Remaja Bolos Sekolah

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 8 Februari 2017 | 13:07 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 999


KubuRaya, InfoPublik - Sembilan anak remaja yang ditemukan berkeliaran pada jam sekolah diamankan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kubu Raya. Dua diantaranya mengenakan seragam sekolah lengkap.

Penertiban tersebut berdasarkan laporan masyarakat dimana pada jam sekolah mereka selalu berkelompok di daerah Pasar Parit Baru Kecamatan Sui Raya Kubu Raya.

“Akhirnya kami tindak dan membawa mereka ke Kantor Pol PP dalam rangka pembinaan anak-anak remaja untuk dikoordinasikan ke pihak terkait seperti sekolah, orang tua, serta dinas terkait lainnya,” ujar Kasat Pol PP Kubu Raya, M. Yunus, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/2).

Dalam pembinaan tersebut menurut M. Yunus ada efek jera terhadap prilaku mereka yang kerap meresahkan masyarakat. Selain itu membatasi ruang gerak mereka untuk tidak terlalu jauh mengenal kebebasan dalam pergaulan.

“Kami bersama-sama dengan KPAID berkoordinasi dengan orang tua mereka, kita panggil satu persatu orangtuanya hingga menyurati pihak sekolah. Ini masih bersifat konseling terhadap mereka karena rata-rata usia mereka masih belasan. Saya juga tekankan dengan para porsenel untuk tidak bersifat kasar karena ini juga anak-anak kita, masih ada masa depannya,” ucapnya.

Dalam mengatasi kenakalan anak-anak remaja dirinya mengharapkan sinergiritas antara dinas-dinas terkait terutama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berancana serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya.

Sementara itu Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kubu Raya, Diah Safitri turut prihatin dengan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan, sebab anak usia sekolah merupakan tanggungjawab bersama orangtua hingga masyarakat juga berperan untuk pendampingan terhadap anak-anak usia sekolah.

“KPAID sangat berterimakasih dengan pihak Sat Pol PP Kubu Raya sangat membantu mengatasi masalah pada anak-anak usia sekolah ini. Sehingga membuka pikiran bahwa di Kubu Raya ini masih banyak tempat-tempat yang rawan untuk disalahgunakan oleh anak-anak usia sekolah. Dalam hal ini kami akan mendampingi hingga tahap penyerahan ke pihak orangtua juga pihak sekolah,” terangnya. (MC KubuRaya/irdiansyah)