Bupati Merauke Imbau Warga Jaga Kebersihan Jelang Musim Penghujan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 7 Februari 2017 | 08:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 408


Merauke. InfoPublik - Buruknya cuaca yang disertai hujan deras akhir-akhir ini mengakibatkan tingginya volume air dan banjir dibeberapa tempat di Kabupaten Merauke.

Hal ini tentu menyedot perhatian pemerintah setempat untuk meninjau langsung ke beberapa tempat yang sering kali rentan terjadi banjir setiap kali datang musim penghujan.

Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE. M.Si juga turun langsung untuk melihat permasalahan yang terjadi di lapangan yang menyebabkan tergenangnya air di beberapa tempat.

Salah satu lokasi yang ditinjau Bupati sebagai penyebab sering tergenangnya air yakni pintu air pelabuhan Merauke yang tersumbat apabilah datang musim penghujan. Hal di karenakan banyaknya sampah plastik dan sistim pengoperasian pintu air yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Ketika ditemui wartawan, Bupati merauke Frederikus Gebze,SE.M.Si di lokasi pintu air Selasa(31/01) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar waspada terhadap perubahan cuaca yang ada.

”Bahwa dengan mulainya terjadi perubahan cuaca dan datangnya musim hujan, maka Bupati berharap masyarakat juga mulai mewaspadai perubahan cuaca” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat supaya menjaga kebersihan lingkungan, di antaranya kebersihan sungai, drainase, pesisir pantai, selokan-selokan terhadap pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, karena akan mendatangkan bibit penyakit seperti tifes, malaria, demam berdarah (DBD), dan beberapa penyakit lainnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan, pemerintah akan membantu dengan menaruh bak sampah di beberapa titik atau tempat-tempat yang di anggap sering terjadi timbunan sampah. Dan untuk mengantisipasi hal itu, Bupati juga mengajak supaya masyarakat juga turut serta membantu melihat tempat-tempat yang sering terjadi banjir yang di sebabkan oleh sampah. (McMrk/Abd/Eyv)