Pelayanan Dokter Kini Ada di 70 Pustu Palembang

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 6 Februari 2017 | 13:16 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Serdang Bedagai, InfoPublik - Bertambah lagi jumlah puskesmas di Palembang, jadi 41 puskesmas. Ini setelah Wali Kota Palembang Harnojoyo meresmikan Puskesmas Sako, Senin (6/2).

Puskesmas Sako merupakan pemisahan dari Puskesmas Multi Wahana. Selain melaunching puskesmas, Pemkot Palembang juga menghadirkan layanan dokter di 70 Puskesmas Pembantu.

Harnojoyo menyebutkan, saat ini sudah ada 70 Pustu yang tersebar mendampingi 41 Puskesmas. Tapi, selama ini layanan kesehatan di sana belum maksimal. Sebab para dokter tidak turun langsung.

“Mulai sekarang, pelayanan dokter juga ada di Pustu,” ujar Harnojoyo.

Harno menjelaskan, saat ini keberadaan puskesmas untuk melayani masyarakat memang masih kurang. Karena itu, dengan adanya pustu, diharapkan dapat mengcover dan membantu pelayanan puskesmas.

“Idealnya memang 1 puskesmas itu untuk melayani 30.000 penduduk,” ujar Harnojoyo.

Ia mengharapkan petugas Puskesmas dan Pustu membina masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Hal ini sejalan dengan program gotong royong yang sudah diterapkan Pemkot dalam satu tahun terakhir ini.

“Bersih lingkungan tentu akan jauh dari penyakit. Jadi bukan banyaknya rumah sakit dan puskesmas yang ada tapi lebih ke menerapkan pola hidup sehat. Karena dengan sehat tidak harus ke rumah sakit atau ke puskesmas,” kata Harnojoyo.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Letizia, mengatakan, saat ini sudah ada 10 dokter spesialis yang ditempatkan secara bergilir di tiap puskesmas. Ke depannya, akan ditambah lagi dokter spesialis.

“Selain itu, beberapa Puskesmas di Palembang juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Melalui sistem ini, pengelolaan keuangan sudah mandiri. Iini bisa ikut meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, setelah layanan dokter di Pustu juga diterapkan,” kata Letizia.( Ria Amelia/Hidayatullah/Kus)