Jakarta, InfoPublik – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang penerbangan, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menempati gedung operasional baru di komplek gedung perkantoran Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Jalan C3 Cengkareng, Tangerang. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan gedung ini, Senin (6/2).

Menhub Budi mengungkapkan, dengan perpindahan personel DKUPPU maka peningkatan pelayanan mutlak dilaksanakan.

"Dunia aviasi tumbuh pesat dan semakin besar. Tuntutan masyarakat atas pelayanan pun semakin meningkat, maka selain peningkatan keselamatan dan keamanan, peningkatan atas kenyamanan pun turut menjadi perhatian," kata Menhub di Tangerang.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo menambahkan, pembangunan gedung baru ini dilatarbelakangi pesatnya pertumbuhan penerbangan sebesar 12 persen per tahunnya.

"Pembangunan gedung operasional DKUPPU sangat penting, karena pada gedung yang lama di lantai 22 Kemenhub sudah tidak memadai lagi. Seperti, ruang pegawai kecil, tidak ada ruang ujian untuk pengawas dan personil. Kemudian ruang penyimpanan dokumen sertifikasi tidak memenuhi standar keamanan. Dengan demikian diputuskanlah untuk pembangunan gedung baru ini," ujarnya.

Lebih lanjut Suprasetyo mengungkapkan, gedung baru DKUPPU dibangun di atas lahan 4.000 m2 dengan luas bangunan 9.500 m2.

Penekanan sirine menandai peresmian gedung DKUPPU yang dilakukan Menhub didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Ditjen Perhubungan Udara Suprasetyo. Turut hadir menyaksikan peresmian tersebut Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo, Direktur Utama dan Direktur AirNav Bambang Tjahjono.