Ratusan Masyarakat Antusias Saksikan Bailiu Sampan Sungai Kampar

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 6 Februari 2017 | 09:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 539


Kampar, InfoPublik - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-67 yang jatuh pada (6/2) mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar mengadakan tradisi tahunan yang telah lama dilupakan seiring perkembangan zaman yakni "Bailiu Sampan Sungai Kampar".

Dari pantauan mediacenter.riau.go id ratusan masyarakat begitu antusias menyaksikan acara tersebut khususnya masyarakat Desa Tambang dan Kuapan, tepatnya di bawah jembatan Kembar Danau Bingkuang, terlihat sejak siang hingga sore masyarakat  beramai ramai memadati pinggiran sungai dan jembatan Kembar untuk menyaksikan langusng acara Bailiu sampan sungai kampar tersebut. karena, Kecamatan Tambang menjadi kecamatan terakhir berkumpulnya puluhan sampan hias yang mengikuti acara tersebut .

"Tradisi ini telah lama hilang,dan sekarang kembali dilestarikan, kami  selaku masyarakat Kampar merasa senang dan bangga sekali, terlihat banyaknya masyarakat yang penasaran dan ingin menyaksikan langsung, " ungkap Wanti seorang masyarakat tambang yang ikut menyaksikan langsung bailiu sampan sungai kampar, belum lama ini.

"Tradisi ini perlu terus dilestarikan oleh pemerintah daerah agar, kelak anak cucu kita dapat kembali memeriahkannya, jangan sampai hilang oleh perkembangan zaman," tambahnya.

Bailiu sungai kampar dimulai dari Desa Uwai, Kecamatan Bangkinang terus hilir sampai ke Desa Danau Bingkuang, Kecamatan Tambang. Jadwal singgah Di Desa Naumbai, Penyasawan dan hingga berakhir di Danau Bingkuang.(Mc Riau/Msa/Eyv)