Penjabat Walikota Kukuhkan/Lantik Ratusan Pejabat Struktural

:


Oleh MC Kota Ambon, Minggu, 5 Februari 2017 | 16:09 WIB - Redaktur: Tobari - 414


Ambon, Infopublik- Penjabat Walikota Ambon Ir. Frans J. Papilaya, M.Si, memimpin pengukuhan/pelantikan 649 pejabat struktural di lingkup Pemerintah Kota Ambon, yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Admnistrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV).

Dalam kegiatan yang berlangsung, Senin (30/1), di Convention Hall-Maluku City Mall, itu juga turut dikukuhkan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atas nama A.G. Latuheru, SH, M.Si sebagai Sekretaris Kota Ambon

Papilaya dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dan mutasi pejabat pada setiap instansi pemerintah adalah bagian dari dinamika organisasi dalam rangka memantapkan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan dan peningkatan karier pegawai.

“Pelantikan ini harus dipahami sebagai kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan secara mekanistik, apalagi untuk kepentingan politik atau kekuasaan semata,” ungkapnya.

Dijelaskan, pengukuhan/pelantikan ini merupakan bagian dari penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai implementasi PP No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Perda Kota Ambon No 04 tahun 2016 tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Ambon.

Sesuai ketentuan itu maka ada sejumlah perubahan dan penyesuaian dalam ODP Pemkot Ambon, di antarnya pembubaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kantor Pengelolaan Aset, dan bagian kerjasama & Promosi Pengembangan Ekonomi. 

Selain itu juga terbentuk OPD baru, yakni Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, serta pergantian nama OPD,  misalnya Bagian Humas Dan Protokol berubah nama menjadi Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol.

Serta, Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) berubah menjadi Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Tata Kota berubah menjadi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. (mcambon/DL/MT/toeb)