FMPS Siap Jaga Kelestarian Sungai Mempawah dari Pencemaran

:


Oleh MC Kab. Mempawah, Sabtu, 4 Februari 2017 | 21:14 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Mempawah, InfoPublik - Kepala Seksi Pariwisata Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Raja Fajar Azansyah mengapresiasi terbentuknya Forum Masyarakat Peduli Sungai (FMPS) Mempawah.

“Komunitas FMPS bagus dan bermanfaat karena terbentuk sebagai tanda kepedulian atas pentingnya menjaga kebersihan Sungai Mempawah,” kata Raja Fajar Azansyah.

Raja Fajar yang juga Ketua Mempawah Mangrove Conservation (MMC) ini mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi mendukung aksi dan program FMPS.

Ia menyebut tanpa dukungan masyarakat, upaya pelestarian dan pengembangan wisata air di Sungai Mempawah mustahil dapat terwujud.

Sementara Ketua FMPS Iswan menegaskan, wadahnya dibentuk dengan tiga tujuan dasar yaitu menjaga kelestarian Sungai Mempawah dari pencemaran, menggali potensi Sungai Mempawah sebagai objek wisata air, dan upaya pengembangan ekonomi kreatif.

Mereka sudah membuktikan dengan melakukan aksi bersih sampah di area Water Front City (WFC) Mempawah, pada pertengahan Januari 2017 lalu.

Sementara Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia FMPS, Hardiyansyah menilai, Sungai Mempawah punya potensi sangat besar. Karena itu, bidangnya akan segera melakukan riset untuk menentukan arah pengembangan sumber daya Sungai Mempawah.

Menurutnya, FMPS optimis Sungai Mempawah dapat dijadikan objek wisata air. Termasuk pula menjadikannya sebagai pusat pengembangan ekonomi kreatif di masa mendatang. “Potensinya sangat besar dan kami yakin mampu mewujudkannya,” ujarnya.