Baznas Sosialisasikan Gerakan Sumbawa Bershadaqah

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Jumat, 3 Februari 2017 | 17:26 WIB - Redaktur: Tobari - 465


Sumbawa Besar, InfoPublik - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumbawa mensosialisasikan Gerakan Sumbawa Bershadaqah Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat, di aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (31/1). 

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa yang telah menyelenggarakan Sosialisasi Pemberian Zakat, Infaq, dan Shadaqah.

“Semoga sosialisasi ini akan dapat memaksimalkan pengumpulan dana zakat, infaq, dan shadaqah di Kabupaten Sumbawa, sehingga akan semakin memberi manfaat bagi kemaslahatan umat,” harapnya.

Ia memandang sahabat-sahabat pengurus Baznas Kabupaten Sumbawa ini adalah sosok yang bersemangat untuk senantiasa berjuang demi umat, yang menjadikan lembaga ini sebagai bagian dari perjuangan dan penegakan syariat Islam.

Islam, disebutnya, mengakui adanya perbedaan pemilikan berdasarkan perbedaan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki manusia.

“Namun Islam tidak menghendaki adanya jurang perbedaan yang semakin lebar, sebaliknya Islam mengatur agar perbedaan yang ada mengantarkan masyarakat dalam kehidupan yang harmonis, yang kaya membantu yang miskin dari segi harta, yang miskin membantu yang kaya dari segi lainnya,” ungkap Bupati Sumbawa.

Perintah zakat dalam Islam bukan sekedar membantu para kaum mustadhafin saja melainkan bertujuan agar manusia lebih tinggi nilainya dari harta benda, agar manusia menjadi penguasa harta bukan budak atas harta yang dimilikinya.

Dengan demikian kepentingan terhadap pemberi sama dengan kepentingan terhadap penerima. Konsep ini mendudukkan si kaya dan miskin dalam posisi yang sama.

Tidak ada yang lebih istimewa di antara mereka. Si miskin dengan kebaikan para aghniya bekerja keras untuk memperbaiki kualitas hidup dan keluarganya, sedangkan si kaya dengan zakatnya dibersihkan jiwanya dari sifat kikir, rakus dan kesombongan.

Untuk membangun kesadaran bahwa harta yang dimiliki adalah titipan Allah Swt yang akan dipertanggungjawabkannya di akhirat kelak, maka saya menghimbau kepada kita sekalian untuk senantiasa mengeluarkan zakat jika kita diberikan kelebihan rizki dari Allah Swt.

“Dan agar penyalurannya terarah mari kita manfaatkan Baznas Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu lembaga yang ditugaskan untuk mengelola zakat,” demikian Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa. (MC Kab Sumbawa/toeb)