BPS Kembali Lakukan Survei Biaya Hidup di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 3 Februari 2017 | 15:23 WIB - Redaktur: Tobari - 597


Batam, InfoPublik - Badan Pusat Statistik (BPS) dalam tahun 2017 ini akan melakukan kembali survei biaya hidup. Kepala BPS Batam Rahyudin mengatakan survei ini dilaksanakan lima tahun sekali, dan telah dimulai sejak 2002.

"Terakhir 2012. Akhir November 2017 ini akan kita laksanakan lagi survei," kata Rahyudin dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Batam di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, di Batam Centre, beberapa waktu lalu.

Survei akan dilaksanakan di pasar Jodoh, Batuaji, dan Sagulung. Pertimbangan pemilihan lokasi tersebut, adalah kondisi pasar harus ramai. Kemudian pedagangnya pun harus tetap karena penilaian berkesinambungan.

Menurutnya, ada 319 komoditas yang mewakili dari seluruh kebutuhan hidup masyarakat. Komoditas ini yang akan ditanyakan harganya setiap saat. Ada yang disurvei mingguan seperti harga cabai, dua mingguan, bulanan seperti biaya pendidikan atau SPP, hingga tiket pesawat.

"Karena berjalannya waktu, konsumsi masyarakat juga berubah, maka harus kita update," kata dia.

Data BPS ini dijadikan bahan dalam penghitungan inflasi oleh TPID. Adapun target inflasi Kota Batam tahun 2017 ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni 4 plus minus 1 persen. Dan ditargetkan turun ke angka 3,5 plus minus 1 persen di tahun 2018 mendatang. (MC Batam Kartika/toeb)