4 SMP Di Kabupaten Lombok Barat Siap Mengikuti UNBK

:


Oleh MC Kabupaten Lombok Barat - NTB, Kamis, 2 Februari 2017 | 20:01 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Gerung, InfoPublik - Rencana pemerintah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, nampaknya belum bisa diikuti sebagian besar sekolah, seiring dengan kesiapan sarana komputer dan server masih menjadi kendala utama.

Hal itu diungkapkan pada acara Ngopi dan Ngeteh bersama, di ruang Media Centre Humas Protokol Lombok Barat, di Gerung, Rabu (1/2).

Di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) baru empat SMP yang menyatakan siap UNBK, terdiri dari 3 SMP Negeri dan 1 SMP swasta. Tiga SMP negeri itu adalah SMPN 4 Gerung, SMPN 3 Labuapi, dan SMPN 4 Narmada. Sementara SMP swasta adalah SMP Nusa Alam yang ada di Batu Layar.

Plt. Kadis Dikbud Lobar M. Hendrayadi menjelaskan, siswa yang terdaftar pada 4 sekolah yang akan ikut UNBK itu sebanyak 579 orang, dengan rincian SMPN 4 Gerung 225 siswa, SMPN Labuapi 178 siswa, SMPN 4 Narmada 170 siswa dan SMP Nusa Alam 6 siswa.

“Kesiapan yang sudah dilakukan yakni berupa anggaran untuk memback up UNBK yaitu 150 unit komputer, 3 genset, dan 10 server,” papar Hendrayadi, Rabu (1/2).

Dikatakannya, belakangan ini ada dua sekolah swasta lagi yang menyatakan siap ikut UNBK. Ini nanti akan diusulkan ke Kemendikbud untuk bisa diikutkan.

Hendrayadi mengatakan, adanya regulasi terkait Saber Pungli akan jadi kendala bagi pihaknya, karena pembekalan bagi siswa yang akan ikut UNBK tentu butuh biaya tambahan. “Tapi karena ada larangan maka kami harus hati-hati dan kami masih belum mendapatkan titik untuk mendapatkan biaya tambahan ini,” katanya.

Mungkinkah persoalan tersebut dapat dibantu Pemerintah Pusat?. Hal itu dipertanyakan karena Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo mempunyai tugas fungsi tersebut. Kabupaten Lombok Barat berharap besar dapat mengatasi persoalan kurangnya server untuk terlaksananya UNBK. (MC Lombok Barat/toeb)