Pemerintah Kabupaten Tabalong Pertahankan Piala WTN

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Kamis, 2 Februari 2017 | 10:41 WIB - Redaktur: Tobari - 614


Tanjung, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016 untuk kategori Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Umum dalam Kelompok Kota Kecil.

Piala yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/1) ini, menjadi penghargaan pertama bagi Kabupaten Tabalong di tahun 2017 ini.

Piala Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan  kepada seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia yang terus berinovasi membenahi ketertiban lalu lintas dan angkutan umum di wilayahnya masing-masing.  

Setelah bersaing dengan 16 kabupaten/kota yang masuk dalam kelompok Kota Kecil, Kabupaten Tabalong dianggap layak meraih piala tersebut.

Kota Tanjung sebagai ibukota Kabupaten Tabalong  telah dinyatakan lulus pada tahapan penilaian dan dinyatakan sebagai peraih  Piala Wahana Tata Nugraha 2016.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono sebagai bentuk sinergi Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan masyarakat Tabalong, terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membudayakan ketertiban dan keselamatan berlalulintas. “Tertib bukan karena takut ada polisi di jalan,” katanya.

Untuk kategori angkutan umum di Tabalong dinyatakan tepat guna dan tepat tata kelola oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong Nanang Mulkani. “Sejak digagas oleh Bupati Tabalong dari awal terbukti mendapat apresiasi oleh pemerintah pusat,  melalui 2 kali piala WTN dalam dua tahun berturut-turut,” ucapnya.

Secara keseluruhan, Kabupaten Tabalong  sudah mendapat 6 piala WTN, di tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 untuk kategori Tertib Lalu Lintas, dan tahun 2015 dan 2016 untuk dua kategori sekaligus yaitu Tertib Lalu Lintas dan Tata Kelola Angkutan Umum.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan bahwa piala ini prestisius, karena tidak banyak kabupaten/kota yang mampu menerapkan kebijakan dan inovasi di bidang transportasi darat. “Angkutan umum kita digratiskan untuk pelajar, guru dan masyarakat miskin,” kata Bupati menyikapi inovasi angkutan umum di Tabalong.

Ia menambahkan bahwa untuk jumlah armada dan rute angkutan umum juga terus ditingkatkan setiap tahunnya, dengan tujuan agar bisa melayani masyarakat hingga ke pedasaan di Kabupaten Tabalong.

“Data kepolisian dalam dua tahun terakhir ini menunjukan angka kecelakaan pada anak-anak sekolan semakin jarang, terbukti efektif,” jelas H Anang Syakhfiani. (MC Tabalong/Humas/toeb)