Penyakit Kusta Di Sumenep Perlu Penanggulangan Khusus

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 31 Januari 2017 | 19:20 WIB - Redaktur: Tobari - 511


Sumenep, InfoPublik -  Jumlah masyarakat penyandang penyakit kusta di Kabupaten Sumenep bisa dikatakan sudah memprihatinkan. Sebab, dari data yang ada, jumlah penderita kusta selama 2016 meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Jika data tahun 2015 jumlah penderita kusta tercatat sebanyak 424 orang, namun pada tahun 2016, meningkat menjadi 470 orang, atau naik sebanyak 109 penderita. Angka tersebut menjadikan Kabupaten Sumenep berada di posisi tertinggi kedua se-Jawa Timur setelah Kabupaten Sampang.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dr. Hj. Dwi Regnani, M.Kes., kepada wartawan, Selasa (31/1), mengungkapkan, jumlah penyandang penyakit kusta di Kabupaten Sumenep tersebut, tentu harus dilakukan penanggulangan secara khusus agar tidak sampai semakin bertambah.

“Jadi petugas kesehatan harus proaktif untuk mencari dan menemukan penderita kusta dan segera bisa ditanggulangi dengan baik,” ungkapnya.

Dijelaskan, angka kematian akibat penyakit kusta per 10.000 penduduk sebanyak 3,37%, dan 7,38% di antaranya anak-anak. Sedangkan dari jumlah penderita tersebut sebanyak 5,21% mengalami cacat.

Karena itu, mantan Kepala UPT Puskesmas Batuputih ini berharap, penderita penyakit kusta untuk aktif memeriksakan dirinya ke Puskesmas terdekat, agar bisa dideteksi sejak dini sebelum parah. Dan petugas juga harus proaktif untuk mencari dan menemukan penderita kusta agar tidak sampai menyebar.

“Jadi semua harus proaktif, baik bagi penderita kusta sendiri maupun petugas kesehatannya, agar Sumenep bisa terus mengurangi penderita kusta.” tambahnya. ( Ren/Fer/toeb)