DKI Percepat Program E-Warong dan Kube Jasa

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 31 Januari 2017 | 15:02 WIB - Redaktur: Juli - 238


Jakarta, InfoPublik - Untuk mempercepat program e-Warong dan Kube Jasa diterapkan di wilayah DKI Jakarta, maka Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah mengusulkan Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) melalui e-Warong dan Kube Jasa ke Kementerian Sosial RI.

“Ada  35 e-Warong dan 26 Kube Jasa dari dana hibah yang telah diajukan ke Kemensos,” kata Upi S, Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial DKI Jakarta yang ditemui di kantornya, Selasa (31/1).

Menurutnya, tahun 2017 ini yang akan diajukan ke Kementerian Sosial sebanyak 70 e-Warong dan 71 Kube Jasa. Tapi saat ini yang baru diajukan adalah 35 e-Warong dan 26 Kube Jasa dari dana hibah Kemensos. "Sisanya adalah 35 e-Warong  dan 45 Kube Jasa, yang dari dana Kemensos sendiri nanti menyusul," ungkapnya.

Disebutkan, setiap e-Warong itu akan mendapat bantuan sebesar Rp10 juta, sedangkan untuk Kube Jasa akan mendapatkan bantuan Rp20 juta untuk bantuan modal dan lain-lain. "e-Warong merupakan program pemerintah pusat, yang secara nasional untuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu secara non tunai, sehingga tepat sasaran dan dapat diawasi," ujarnya.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kurang mampu agar lebih sejahtera dan diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan. Dalam mendukung pengelolaan e-warong, maka dibentuk Kube Jasa yang terdiri 10 anggota dari unsur Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) dan satu orang pendamping PKH.

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, telah memgusulkan untuk masing-masing wilayah kota administrasi membentuk e-warong dan Kube Jasa yang sasarannya KPM-PKH sebanyak masing-masing 1 e-warong dan 1 Kube Jasa di setiap Kecamatan dengan perbandingan 1 e-warong untuk 500 sampai dengan 1000 KPM-PKH.

Seluruh program bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu ke depan diharapkan dapat diintegrasikan dalam satu kartu dengan sistem transaksi online, dimana pemerintah telah menjalin kemitraan dengan empat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang sudah terkoneksi sistem di dalamnya.“Dengan adanya e-warong dan Kube Jasa ini, tanggapan warga DKI Jakarta sangat positif,” katanya.