Pelni Gandeng Garuda Kembangkan Angkutan Logistik dan Wisata Bahari

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 31 Januari 2017 | 09:21 WIB - Redaktur: Elvira - 877


Jakarta, InfoPublik - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Transportasi PT Pelni (persero) bersama PT Garuda Indonesia (persero) bergandengan untuk meningkatkan sinergi di bidang angkutan logistik dan wisata bahari. Penandatanganan nota kesepahaman keduanya dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelni Elfien Goentoro dan Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo, Senin (30/1).

Sekretaris Perusahaan PT Pelni, Didik Dwi Prasetio menjelaskan, ruang lingkup kerjasama meliputi pelatihan hospitality para ABK, angkutan logistik hingga wisata bahari. Namun terdapat dua hal utama yang diperkenalkan Pelni kepada manajemen Garuda Indonesia, yakni angkutan logistik dan wisata bahari.

"Untuk angkutan logistik, PT Pelni memiliki PT Sarana Bandar Nasional atau Pelni Logistics, anak usaha yang fokus untuk bongkar muat barang (forwarding) menggunakan kapal Pelni, dengan fasilitas door to door. Jasa lain yang ditawarkan Pelni Logistics antara lain stevedoring, cargodoring, dan receiving-delivery. Sementara untuk wisata bahari, sudah tidak asing lagi dengan daya tarik kapal Pelni dalam menyelenggarakan event wisata di atas kapal," kata Didik.

PT Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayari 90 lebih pelabuhan di Indonesia. PT Pelni juga mengoperasikan 6 kapal Tol Laut, 46 kapal perintis, dan satu kapal ternak, seluruhnya menjalankan penugasan resmi dari Pemerintah. Pada tahun 2017 ini, PT Pelni berhasil menghubungkan (connecting) jadwal pelayaran kapal penumpangnya dengan kapal perintis.