Pemkab Lingga Buat Percontohan Budidaya Udang KJA

:


Oleh MC Kabupaten Lingga, Senin, 30 Januari 2017 | 15:57 WIB - Redaktur: Tobari - 746


Daik Lingga, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Lingga menetapkan dua lokasi proyek percontohan budidaya udang paname dengan wadah keramba jaring apung (KJA).

Bupati Lingga Alias Wello, di Daik Lingga, Sabtu (29/1), mengatakan, Pemkab Lingga telah menganggarkan sejumlah dana pada tahun ini untuk memulai pelaksanaan program sektor perikanan tersebut.

"Tahun ini kami mulai dengan proyek percontohan teknologi pembudidayaan udang dengan keramba, seperti yang dikembangkan seorang Doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Lokasinya di Desa Temiang dan Desa Marok Kecil," katanya.

Menurut Alias, pola budidaya udang dengan KJA jauh lebih menguntungkan nelayan. Selain modal yang murah dan waktu panen lebih singkat, kuantitas serta kualitas dari hasil budidaya dengan KJA juga akan jauh lebih baik dibanding pola budidaya tambak.

Beberapa daerah yang sudah mengembangkan pola ini, salah satu contohnya pemukiman nelayan di Provinsi Lampung, membuktikan bahwa budidaya udang dengan KJA mampu mengangkat sisi perekonomian nelayan setempat.

Ia menambahkan, pilot project budidaya udang dengan KJA tersebut juga akan disertai budidaya dua komunitas lain, yakni ikan dan rumput laut.

Mengenai pemilihan lokasi pilot project tersebut, dikatakan Alias, sudah dikaji secara mendalam oleh para pakar kelautan dan perikanan. Pelaksanaannya juga akan langsung melibatkan kelompok nelayan di dua desa tersebut. (Red/toeb)