Bupati Banjar Galakan Program Gamis Hijau

:


Oleh MC Banjar, Senin, 30 Januari 2017 | 08:01 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 778


Martapura, InfoPublik - Bupati Banjar H Khalilurrahman melakukan tanam hijau perdana, bersama-sama dengan instansi terkait, dalam rangka Pencanangan Gerakan Menanam Hari Kamis (Gamis Hijau) dan kegiatan reklamasi pertambangan PT Tanjung Alam Jaya dan PD Baramarta, di area reklamasi PT Tanjung Alam Jaya di Desa Batang Banyu Kecamatan Sambung Makmur, Kamis, (26/1).

Kegiatan Gamis Hijau dan reklamasi lahan tambang bertujuan untuk memperbaiki ekosistem lahan bekas tambang melalui perbaikan kesuburan tanah dan penanaman lahan di permukaan.

Reklamasi diharapkan mampu menjaga lahan tidak labil, lebih produktif dan meningkatkan produktivitas lahan eks tambang tersebut, sehingga dapat menghasilkan nilai tambah bagi lingkungan dan menciptakan keadaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan keadaan sebelum seperti kerusakan lingkungan hidup, dan sebagainya.

Khalilurrahman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar menyambut positif  dan mengapresiasi kegiatan kerjasama yang dibangun antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar dengan PD Baramarta dan PT Tanjung Alam Jaya yang telah menggalakkan program gerakan penghijauan di daerah reklamasi pertambangan yang berada di Kecamatan Sambung Makmur.

“Gerakan Menanam Hari Kamis Untuk Penghijauan” yang disingkat Gamis Hijau, merupakan bukti dan komitmen dan gerak nyata pemerintah daerah dalam upaya mencegah terjadinya dampak kerusakan dan pencemaran lingkungan guna  menciptakan lingkungan alam yang baik, hijau dan lestari,”ucapnya.

Tampak hadir dalam acara Gamis Hijau,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Banjar, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab Banjar, Pimpinan PD Baramarta, PT Tanjung Alam Jaya, dan instansi terkaitnya. (MC Kab. Banjar/Yani/Roni/ar/eyv)