Menpar Resmi Buka FESTIVAL Indonesia Festival (FESTinFest) 2017

:


Oleh Untung S, Kamis, 26 Januari 2017 | 21:42 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 637


Jakarta, InfoPublik- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya secara resmi membuka penyelenggaraan FESTIVAL Indonesia Festival (FESTinFest) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Kamis (26/1).

Penyelenggaraan festival yang berlangsung selama 4 hari, Kamis hingga Minggu  (26-29/1) tersebut menampilkan kegiatan pameran, pertunjukan, seminar, dialog, pemutaran film, kuliner,  dan minikarnaval.

Penyelenggaraan FESTIVAL Indonesia Festival (FESTinFest) 2017 yang baru pertama kali ini selain sebagai sarana untuk mempertemukan para penyelenggara festival untuk saling  bertukar  pengalaman dan  mengembangkan kerjasama sekaligus juga sebagai peluncuran (kickoff) semaraknya festival sepanjang 2017.  

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan FESTIVAL Indonesia Festival (FESTinFest) 2017. “Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam festival yang menarik. Festival telah menjadi ciri dan atraksi utama tiap daerah untuk menarik  kunjungan wisatawan.  Dalam satu tahun ini kita siapkan lebih dari 100 kegiatan festival  yang diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air sebagai daya tarik  untuk mendatangkan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan menggerakan 265 juta wisatawan nusantara (wisnus) sebagai target tahun ini,” kata Menpar Arief Yahya. 

Menpar Arief  Yahya mengatakan, Festinfest  menjadi sarana strategis untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman dan kerjasama  festival di seluruh Indonesia agar dapat terselenggara secara efektif, semarak dan berdaya guna, Selain itu juga diperkenalkan program pengembangan Gedung Sapta Pesona sebagai salah satu destinasi pariwisata dan pengelolaan informasi festival di seluruh Indonesia. “Pada kesempatan ini diperkenalkan Pekan Budaya Nasional serta persiapan Indonesian Cultural Asiade (ICA) dalam rangka Asian Games  yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 2018 mendatang,” kata Menpar Arief Yahya. 

Program Acara

FESTinFest yang berlangsung selama empat hari tersebut menampilkan kegiatan berupa pameran, pertunjukan, seminar, dialog, pemutaran film, kuliner dan minikarnaval. Pada hari pertama (Kamis); selain acara pembukaan (opening ceremony) juga diselenggarakan; Seminar Festival Indonesia  yang mengangkat  tema “Mencari Panduan dan Kerjasama “; Sarasehan Penyelenggara Festival dan Event Organizer; Diskusi Terarah (FGD) masing masing Pemangku Kepentingan  (Budaya, Bahari, Internasional, Mice dan Olahraga), Festival Internasional ; Curah

Pendapat  (public hearing); Festival  Destinasi Utama; Sosialisasi Indonesian Cultural Asiade dan Pekan Budaya Nasional; Pertemuan Kesepahaman dan Kerjasama antar festival; serta Malam Budaya Nusantara.

Pada hari kedua (Jumat); Sarasehan Pariwisata ;  Forum General Diskusi Terarah; dan  Malam Budaya Nusantara. Hari ketiga (Sabtu) sosialisasi cultural asiade; sosialisasi pekan budaya nasional perkenalan festival daerah ; pertemuan kesepahaman dan kerjasama antar festival ;  Malam Ragam Rasa, sedangkan pada hari keempat (Minggu) ; pameran dan parade on the street yang memamerkan poster dan foto festival di indonesia  dan show off  budaya.

Dua hari pertama (Kamis dan Jumat)  penyelenggaraan FESTinFest 2017 ditujukan khusus para peserta dan pegawai Kemenpar, sedangkan dua hari terakhir (Sabtu dan Minggu)  terbuka untuk umum.