Pekalongan, InfoPublik – Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid, didampingi Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Gunindyo, menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban rob yang ada di Kecamatan Pekalongan Barat,  Senin (23/1).

Pemberian bantuan dilakukan simbolis kepada sejumlah warga Kelurahan Tirto dan Pasir Kraton Kramat. Usai menyerahkan bantuan, pria yang biasa disapa Alex itu meninjau langsung sejumlah wilayah yang selalu terendam air rob.

Dalam sambutanya, Alex menyatakan sangat memahami keinginan warga agar masalah banjir rob ini ditangani sebaik-baiknya. Tidak hanya diberi bantuan sekedarnya seperti mie instan, beras atau lain-lainya.

“Saya tegaskan Pemkot Pekalongan berkomitmen akan menyelesaikan masalah rob ini, saat ini tinggal menunggu dananya turun dan akan langsung dikerjakan,” tegasnya.

Alex memperkirakan pada bulan Maret mendatang, pemenang lelang nya sudah bisa ditetapkan dan proyek bisa langsung dikerjakan. “Terus terang saya katakan menanggulangi rob memang tidak gampang, namun dananya sudah ada,” tambahnya.

Jika semuanya berjalan lancar, Alex mentargetkan tahun 2018 sudah tidak ada lagi tempat di Kota Pekalongan yang digenangi rob.

Agar proyek penanggulangan rob bisa sukses, Alex mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dan pejabat seperti Camat dan Lurah untuk mengkawal proyek tersebut.

Pada kesempatan tersebut Alex juga mengadakan acara tanya jawab dengan sejumlah warga. Rata-rata mereka mengeluhkan air rob yang bertahan lama karena drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

Sementara itu, dalam sambutannya Gunindyo menyatakan bantuan yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah itu antara lain terdiri dari tenda gulung, sarde selimut, matras peralatan dapur, seragam sekolah, pakaian dan beras sebanyak 3 ton.  (MC/Humas & Protokol/AN Takari/toeb)