1.255 Masyarakat Batam Terima Sertifikat Prona

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 23 Januari 2017 | 15:28 WIB - Redaktur: Kusnadi - 351


Batam, InfoPublik – Walikota Batam, Muhammad Rudi bersilaturahmi dengan ketua RT, ketua RW dan tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Beduk, Sabtu (21/1). Kegiatan ini sekaligus pemberian sertifikat hak guna bagunan Progam Nasional Agraria (Prona) 2016 oleh kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam untuk masyarakat Kecamatan Sagulung dan Sungai Beduk.

Kecamatan Sungai Beduk menerima 406 sertifikat rumah.  Serifikat untuk kavling siap bangun tersebut berlokasi di Kelurahan Duriangkang, Mangsang, dan Tanjungpiayu. Sementara di Kecamatan Sagulung diberikan 849 sertifikat melalui program Prona.

Perwakilan BPN Kota Batam, Dwi Prijanto mengatakan, di tahun 2017, BPN Batam menganggarkan 700 sertifikat untuk masyarakat Batam dalam program serupa.

"Sertifikat ini merupakan bukti sah hak atas tanah. Kalau surat dari BP Batam seperti pelunasan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO), itu merupakan bukti awal. Bukti hak atas tanah yaitu sertifikat," kata dia.

Program Prona ini, sebut Dwi, dikhususkan pada kavling siap bangun dan diberikan secara gratis oleh BPN kepada masyarakat. Diharapkan program ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu, sertifikat ini juga untuk menghindari konflik dan sengketa di antara pemilik lahan.

"Perhatikan betul batas wilayah atau patok tanah masing-masing sehingga tidak ada konflik di masyarakat," ujarnya.

Setelah menerima sertifikat, masyarakat harus melaksanakan hak dan kewajibannya antara lain membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan di Batam ada kewajiban membayar UWTO. Karena semua itu menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah daerah.

Dwi mengimbau masyarakat untuk aktif mengikuti program Prona ini. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan masyarakat agar menggunakan sebaik-baiknya kesempatan ini. Ia meminta masyarakat untuk melengkapi persyaratan dan menghubungi pihak kecamatan. (MC Batam Kartika/Kus)