Panglima TNI : TMMD Bangun Semangat Gotong Royong

:


Oleh Yudi Rahmat, Sabtu, 21 Januari 2017 | 09:03 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 583


Jakarta, InfoPublik - Panglima TNI mengatakan, kehadiran program TMMD bukan sekadar menyiapkan bangunan fisik, tetapi  yang lebih penting yaitu terbangunnya semangat gotong royong.

Kemudian meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

Menurutnya, semangat kejiwaan TMMD adalah semangat gotong-royong sebagai ciri dan budaya bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Selain itu, TMMD harus dapat memberi nilai tambah dalam prestasi kerja dan terbangunnya kondisi sosial, wawasan kebangsaan, ketahanan masyarakat serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Kita perlu terus bangun komunikasi sosial dengan masyarakat desa, agar pembangunan di desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat jelas Gatot saat membuka Rapat Paripurna TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) ke-37 TA 2016, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (20/1).

Lebih lanjut Gatot mengatakan, sejalan dengan meningkatnya keinginan pemda, kabupaten dan kota untuk dilaksanakan TMMD di wilayahnya, maka pelaksanaan TMMD yang selama ini dilaksanakan dua kali setahun di tingkatkan menjadi tiga kali setahun.

“Selama TMMD para prajurit saya perintahkan tidur di rumah penduduk, kemudian uang lauk pauknya dimasak dan dimakan bersama penduduk dimana prajurit tersebut tinggal,  dari situ diharapkan terjalin kekeluargaan dan persaudaraan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Diakhir pengarahannya, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan kepada peserta Rapat Paripurna TMMD. Pertama, pelaksanaan TMMD tidak ke luar dari tujuan dan semangat TMMD. Kedua, keberhasilan TMMD bukan bangunan fisik semata, tetapi yang lebih penting adalah dampak positifnya.

Ketiga, pelaksanaan TMMD dimaknai sebagai program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Keempat,   evaluasi hasil TMMD sebelumnya untuk dapat meningkatkan dan mencapai hasil yang optimal pada pelaksanaan yang akan datang. Kelima, laksanakan TMMD dengan niat ingin berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.