Pimpin Sertijab Kasau, Panglima TNI Minta Kekuatan Dirgantara Membumi

:


Oleh Yudi Rahmat, Sabtu, 21 Januari 2017 | 08:55 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Jakarta, InfoPublik - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/1).

Kepada pejabat yang baru, Gatot meminta pertahanan dirgantara harus jadi kekuatan yang membumi. Karena Indonesia merupakan negara maritim sehingga dirgantara dinilai penting. "Karena itu, TNI AU di pertahanan dirgantara harus jadi kekuatan yang membumi,” kata Panglima TNI.

Menurutnya, dalam membangun kekuatan TNI AU, seluruh prajurit juga diminta harus berani mengevaluasi secara jujur, tertutama berkaitan dengan pembangunan kekuatan alutsista. “Apalagi sebelumnya kita ketahui bersama, dalam kurun waktu terakhir ini kita masih menemui peristiwa kecelakaan TNI,” ujar Gatot.

Dari semua itu, kata Gatot, pihaknya sangat serius dalam membenahi dan membangun kekuatan TNI AU. Dan berharap, ke depannya peristiwa serupa tidak terulang kembali. “Karena itu, kita harus sungguh-sungguh dalam pembinaan alutsista mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, maupun pemeliharannya,” ungkap Gatot.

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kasau menggantikan Agus Supriatna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/1) lalu. Agus Supriatna kini memasuki masa pensiun.

Hadi sebelumnya menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan sejak November 2016 dengan pangkat Marsekal Madya atau bintang tiga. Hadi sempat menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden dengan pangkat Marsekal Muda (bintang dua). Dengan demikian, dalam waktu singkat Hadi naik pangkat tiga kali, akhirnya menjabat menjadi orang pertama di matra udara ini

Mantan penerbang pesawat Cassa NC-212 kelahiran Malang tahun 1963 ini merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986. Hadi juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU 2013 - 2015.

Beberapa penghargaan kehormatan pernah diraihnya, di antaranya Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya, Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, GOM IX Raksaka Dharma (Papua), Satyalancana GOM VII (Aceh), dan Satyalancana Dwidya Sistha.