Bupati Agam Titipkan Delapan Agenda Penyelamatan Danau Maninjau

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 19 Januari 2017 | 12:27 WIB - Redaktur: Tobari - 525


Agam, InfoPublik - Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah berpesan kepada Camat Tanjung Raya yang baru dilantik, agar melaksanakan gerakan Save Maninjau dengan memprioritaskan delapan agenda kerja.

“Tolong bantu saya dalam melaksanakan delapan agenda untuk penyelamatan Danau Maninjau agar nagari kita ini semakin terpandang,” pesan Bupati Agam Indra Catri kepada camat yang baru Handria Asmi, Rabu (18/1). .

Mengingat tugas dan kerja Camat yang semakin berat, ke depan penyelamatan Danau Maninjau terus dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat di sekitar danau. Sehingga masyarakat tidak lagi terfokus kepada usaha keramba jala apung (KJA) yang sangat berpotensi menimbulkan pencemaran terhadap danau. 

Kedelapan agenda itu, meliputi stop KJA baru, pembersihan danau, penyedotan sedimen, penguatan kelembagaan, pemberdayaan masyarakat, sinkronisasi program atau kegiatan pengadaan sapras, dan penguatan regulasi. 

Camat sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Save Maninjau dengan cara pembersihan eceng gondok, pembersihan KJA kosong atau bekas, pembersihan sampah domestik pada sempadan danau, pembersihan bangkai ikan serta pembentukan tim terpadu dengan kesepakatan walinagari salingka Danau Maninjau.

“Saya berharap kepada camat yang baru jadilah pemimpin yang beribawa tanpa menonjolkan kekuasaan dan kewenangan yang diamanahkan,” kata bupati.(mc agam/toeb)