Bank Dunia Akui Ketahanan Ekonomi Indonesia

:


Oleh Amrln, Kamis, 19 Januari 2017 | 09:49 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 877


Jakarta, InfoPublik - World Bank (Bank Dunia) menyatakan perekonomian Indonesia telah berhasil melewati gejolak finansial global dan berada dalam posisi yang baik untuk mengatasi tantangan di masa depan yang bisa berdampak pada pertumbuhan.

"Ini semua berkat fondasi ekonomi yang kuat serta reformasi kebijakan berupa membaiknya kredibilitas fiskal dan komposisi belanja pemerinta, inflasi yang rendah dan stabil, pertumbuhan konsumsi swasta yang kuat, defisit anggran, defisit transaksi berjalan, dan hutang pemerintah yang moderat," kata Hans Anand Beck selaku Acting Lead Economis Bank Dunia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/1).

Meski demikian, lanjutnya, Indonesia patut mewaspadai risiko-risiko bagi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Risiko-risiko tersebut diantaranya berlanjutnya gejolah finansial yang disertai perdagangan yang lemah dan lambatnya pertumbuhan di negara-negara dengan ekonomi maju.

"Risiko lainnya adalah berlanjutnya perlambatan ekonomi Tiongkok, ketidakpastian kebijakan global, khususnya perjanjian dagang global serta laju normalisasi tingkat suku bunga di Amerika Serikat," tegasnya.

Ditambahkannya, proyeksi pertumbuhan PDB tidak berubah dari laporan bulan Oktober: 5,1% untuk tahun 2016 dan 5,3% untuk 2017.

"Pertumbuhan yang lebih kuat pada tahun 2017 akan bergantung pada kenaikan investasi sektor swasta setelah adanya kemudian sektor moneter serta diberlakukannya reformasi iklim investasi," pungkasnya.