Menristekdikti Pastikan Biaya UKT Tidak Naik Tahun Ini

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 19 Januari 2017 | 05:01 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 453


Jakarta, InfoPublik - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir mengatakan PTN dan PTS tidak boleh menaikkan besaran uang kuliah tunggal (UKT). UKT dipastikan tidak naik pada tahun ini.

"Saya sudah mengimbau melarang kampus menaikkan UKT. Jika ada yang mengusulkan kenaikan tidak akan saya tandatangani," tegas Menristekdikti Mohammad Nasir dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Senayan Jakarta, Rabu (18/1).

UKT kata Nasir, dipastikan tidak akan naik pada tahun ini. Pihaknya mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat. "Situasi saat ini sudah sulit. Jika ada kenaikan nanti berisiko meresahkan masyarakat. UKT tidak boleh naik pada 2017," tegas Nasir.

Nasir mengatakan, besaran UKT masing-masing kampus memang tergantung dari kebutuhannya, dan diputuskan oleh Rektor kampus tersebut. Meski demikian, besaran dana ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Kemenristekdikti.

Sebelumnya, wacana kenaikan UKT 2017 sempat meresahkan mahasiswa. Biaya pendidikan di kampus negeri akan lebih mahal karena sebelas perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH) disebut-sebut akan menaikan dana tersebut. Kenaikan tarif ini berlaku khusus untuk kelompok atau kelas yang paling mahal.