Walikota Kukuhkan Satgas Saber Pungli Di Lingkungan Pemkot Manado

:


Oleh manadokota, Selasa, 17 Januari 2017 | 18:47 WIB - Redaktur: Tobari - 752


Manado, InfoPublik – Walikota Manado GS Vicky Lumentut  melantik Wakapolresta Manado Enggar Brotoseno sebagai Ketua Satgas Saber Pungli Kota Manado. Kehadiran Satgas Saber Pungli merupakan salah satu upaya untuk mendorong kinerja yang semakin baik dan bersih di segala bidang demi kemajuan Kota Manado.

Pembentukan Satgas ini, dengan pertimbangan bahwa praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, Pemerintah memandang perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera.

Dalam upaya pemberantasan pungutan liar, seluruh jajaran Pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat (Kementerian dan Lembaga) serta Pemerintah Daerah, dan Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016 tanggal 20 Oktober 2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli. 

Dalam Perpres tersebut juga diatur bahwa Pemberantasan Pungutan Liar pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dilaksanakan di unit masing-masing, dan dalam pelaksanaan tugasnya berkoordinasi dengan Satgas Saber Pungli.

Menindaklanjuti Perpres 87/2016 tersebut, Pemerintah Kota Manado pada Selasa (17/1), di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado melantik Satgas Saber Pungli di lingkungan Pemerintah Kota Manado.

Usai melantik Wakapolresta Manado Enggar Brotoseno, sebagai Ketua Satgas Saber Pungli Kota Manado, Walikota GS Vicky Lumentut mengemukakan bahwa kehadiran Satgas Saber Pungli merupakan salah satu upaya untuk mendorong kinerja yang semakin baik dan bersih di segala bidang demi kemajuan Kota Manado.

"Saya mengajak semua stakeholder, mari bersama kita laksanakan program ini dengan sungguh-sungguh. Jadikanlah wadah ini sebagai alat aspirasi rakyat yang disampaikan dengan bahasa sudut pandang dan dukungan positif,” katanya.

Satgas ini mempunyai peran yang sangat positif yaitu membangun sistem pencerahan pungli, pengumpulan data dari pihak lain yang terkait menggunakan teknologi informasi serta mengkoordinasikan, merencanakan, dan melaksanakan operasi tangkap tangan serta berwenang merekomendasikan kepada instansi vertikal dan Walikota untuk memberi sanksi bagi pelaku pungli sesuai peraturan perundang-undangan.

Di lain pihak, Walikota Lumentut berharap kehadiran Satgas ini dapat menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Manado bebas dari segala penyimpangan sehingga dapat memberi kontribusi maksimal bagi masyarakat. 

"Saya dan Wakil Walikota Mor Bastiaan bertekad pengelolaan pemerintahan di Kota Manado makin hari makin baik dan makin transparan. Kami juga terbuka menerima informasi dari masyarakat dalam kurun waktu yang relatif cepat dan memberikan respons yang cepat,” kata Walikota Lumentut.

Salah satu media yang kami gunakan menjembataninya dalam waktu dekat kami akan melaunching Manado Command Center Cerdas. Kehadiran media ini kami harapkan akan dapat memaksimalkan tugas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Satgas Saber Pungli Kota Manado sendiri merupakan tim gabungan Pemerintah Kota Manado dan jajaran Polresta Manado.

Beberapa pejabat pemerintah Kota Manado yang terlibat dalam Satgas ini di antaranya Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Umum dan Kesra Micler Lakat, S.H, M.H, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere, S.H., Inspektur Drs. M.H. Tinangon, M.Sc, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Drs. Hanny Solang, dan Kepala BKD Corry Tendean, S.H.

Pelantikan dan pengukuhan turut disaksikan oleh Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan, Kapolresta Manado AKBP Hisar Siallagan, Plt Sekretaris Daerah Kota Manado, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Manado dan jajaran Polresta Manado. (MC Kota Manado/toeb)