Technical Center di STP, Perkuat Kolaborasi Industri Polimer

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 17 Januari 2017 | 01:54 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 955


Jakarta, InfoPublik - Kepala Balai Teknologi Polimer, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dody Andi Winarto mengatakan, dengan dibukanya  Technical Center Covestro di kompleks Sentra Teknologi Polimer (STP) di kawasan Puspiptek, Serpong membuka peluang untuk memperkuat kolaborasi dengan industri polimer.

Melalui pertukaran pengetahuan mengenai pasar dan teknologi, pelatihan bersama serta penelitian di masa depan, dan sejalan dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan kapasitas teknologi dan industri melalui berbagai kemitraan. “Kami sangat menantikan untuk dapat bekerjasama dengan Covestro,” kata Dody di Puspiptek Serpong, Senin (16/1).

Menurutnya, dengan adanya technical center di Indonesia ini akan bekerjasama secara erat dengan jaringan kompetensi Covestro global dalam membangun technical center-nya di India, Cina, Amerika Serikat, dan Jerman.

“Jadi fokus dari technical center ini adalah saling membantu, kita mendapat keuntungan dari mereka, dan mereka  juga mendapatkan keuntungan dari kita. Jadi dengan kerja sama ini, STP dapat menghasilkan inovasi-inovasi lebih banyak,” paparnya.

Disebutkan, secara total terdapat sekitar 1.000 peneliti yang bekerja di bidang penelitian dan pengembangan (R&D) di Covestro di seluruh dunia. Mereka bekerja untuk menjawab permasalahan hari ini dan tantangan masa depan.

Covestro (Thailand)  adalah sebuah perusahaan manufaktur terkemuka di dunia yang bergerak di bidang polimer berteknologi tinggi. Adhesives and Specialties (CAS) merupakan salah satu dari tiga Unit Bisnis Covestro. CAS menyediakan pelapis (coatings) dan perekat (adhesives) poliuretana/polyurethane (PU) dengan berbagai nilai tambah untuk menjawab permintaan akan performa yang lebih tinggi, efisiensi proses, dan berbagai jenis industri yang lebih berkelanjutan.

Sebagai penemu teknologi PU dengan keahlian pengaplikasian PU yang luas, Covestro bekerjasama secara erat dengan mitra-mitra di semua rantai bisnis untuk menciptakan produk dan solusi bagi kebutuhan pasar lokal yang belum terpenuhi.

Bahan baku CAS untuk zat pelapis (coating), perekat (adhesives), dan kimia khusus (specialties) yang bernilai tinggi akan membantu melindungi dan meningkatkan penampilan benda apapun mulai dari mobil, furniture dan lantai, dengan pengapliksian di sektor olahraga dan rekreasi hingga komestik, tekstil, dan produk-produk medis.