KASAL: Indonesia Tidak Pernah Gentar Hadapi Musuh

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 16 Januari 2017 | 07:08 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 933


Jakarta, InfoPublik - Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, mengatakan para pahlawan Laut Aru telah memberikan teladan sejati, yakni sikap kesatria dan rela berkorban.

Disamping itu, mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara.

“Sikap kesatria dan rela berkoran tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan, hierarki dan kehormatan militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis sekalipun,” ujar Kasal saat memimpin Upacara Tabur bunga, pada peringatan Hari Dharma Samudera di atas KRI Banda Aceh-593 yang berlayar di Perairan Teluk Jakarta, Minggu (15/1).

Upacara yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 55 tahun silam, dimana telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI AL yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih pada masa itu.

Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA), bersama awak RI Macan Tutul, akhirnya gugur sebagai kusuma bangsa. Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, pemimpin TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

Pada akhir kegiatan, Kasal memberikan tali asih kepada keluarga pelaku sejarah pertempuran Laut Arafuru, sekaligus menyerahkan hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba tulis sejarah satuan atau Kotama TNI AL, serta lomba fotografi keangkatanlautan yang digelar dalam rangka peringatan hari dharma samudera oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut.