Aksioma Di Kabupaten Sumenep Akan Digelar Tiga Hari Ke Depan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 13 Januari 2017 | 17:43 WIB - Redaktur: Tobari - 817


Sumenep, InfoPublik -  Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) di Kabupaten Sumenep dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama (Kemenang) Sumenep H. Mukh. Anif, berlangsung di lapangan olahraga MAN Sumenep, Jum’at (13/1) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang baru di Kemenag Sumenep ini berharap, agar peserta Aksioma bisa berkompetisi dengan baik. Sehingga nantinya dapat terjaring para jawara Aksioma untuk berlaga di Aksioma tingkat Jawa Timur.

“Syukurlah, semua lomba dalam Aksioma akan dilaksanakan kecuali sepakbola.” ungkap mantan Kasi Binmas Islam ini.

Dijelaskan, kegiatan Aksioma tersebut memang digelar setiap tahun dan diikuti seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag Sumenep, baik lembaga negeri maupun swasta dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah hingga Aliyah.

Diakui, meskipun kegiatan Aksioma tersebut dilaksanakan mulai dari tingkat Kabupaten hingga Nasional, namun tidak ada anggaran khusus dalam pelaksanaan Aksioma. Sehingga, dikelola sendiri oleh panitia yang dipilih dari lembaga itu sendiri.

“Kami hanya memfasilitasi kegiatan Aksioma ini, sehingga yang berhubungan dengan pendanaan oleh panitia.” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Aksioma Kabupaten Sumenep H. Hairudin yang juga Kepala MTs Negeri Terate ini, menjelaskan, kegiatan Aksioma yang akan digelar tiga hari kedepan, mulai tanggal 13-16 Januari 2016.

Terdiri dari 16 jenis lomba baik lomba seni dan olahraga, yakni bidang seni mulai MTQ, Pidato Bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Indonesia, Tahfid, puisi, kaligrafi, desain grafis dan semacamnya. Sedangkan untuk olahraga, atletik, futsal, bola volly, tennis meja, catur dan sebagainya.

“Dari 16 lomba yang digelar diikuti sebanyak 919 peserta, dan hasil seleksi nantinya akan mengikuti Aksioma Jawa Timur pada bulan Februari mendatang,” jelasnya. (Ren/Fer/toeb)