BPBD PPU Terima Bantuan Speed Boat dari BNPB

:


Oleh DISHUBBUDPARKOMINFO KAB.PENAJAM PASER UTARA, Rabu, 11 Januari 2017 | 13:32 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Penajam, InfoPublik - Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar memimpin acara syukuran yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setelah menerima bantuan speed boat operasional dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tahun 2016 lalu, Senin (9/1).

Dalam kesempatan itu, Tohar mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten PPU melalui BPBD sudah sepantasnya bersyukur atas bantuan fasilitas berupa speed boat operasional laut dari BNPB tersebut.

Dirinya berharap bantuan yang telah diterima dapat digunakan seoptimal mungkin untuk memberikan daya dukung terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi kelembagaan di BPBD tersebut.

“Gunakanlah seoptimal mungkin bantuan yang sudah diterima dari BNPB tersebut untuk memberikan daya dukung terhadap pelaksanaan tugas di lapangan dengan sebaik-baiknya,” kata Tohar.

Dia menuturkan, bantuan speed boat tersebut dapat digunakan sebagai tindakan antisipasi terhadap terjadinya bencana atau musibah yang terjadi di wilayah PPU, khususnya wilayah kelautan.

Namun, lanjutnya, dirinya juga berharap segala bentuk musibah   tidak akan terjadi atau menimpa daerah Kabupaten PPU.

“Mudah-mudahan tidak akan terjadi kepada kita dan daerah kita tercinta ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan dan keselamatan kepada kita dan daerah kita tercinta,” ujarnya.

Dirinya juga menegaskan agar fasilitas yang telah ada tersebut dapat dijaga dan dirawat sebaik mungkin, sehingga tidak mudah rusak.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan barang baru yang di dalamnya ada dua komponen penting yang harus dijaga dan diperhatikan, yaitu badan speed dan mesin.

“Kita terkadang menyaksikan sebuah kesing ponsel terlihat bagus dan menarik tetapi belum tentu komponen yang ada didalam ponsel tersebut baik. Begitu juga dengan speed tersebut. Untuk itu tugaskan memang staf yang benar-benar paham dan mengerti dalam bidang mesin sebagai operator dalam rangka pengamanan aset daerah tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala BPBD PPU Andi Darul mengungkapkan sangat bersyukur pihaknya memperoleh bantuan berupa speed  operasional dari BNPD tersebut.

Ia mengatakan, melalui bantuan yang ada diharapkan dapat mempermudah aktifitas di perairan PPU sesuai tugas yang diemban BPBD PPU.

“Selama ini speed boat yang ada pada BPBD PPU memang relatif kecil sehingga jangkauan jika melaksanakan pencarian korban di perairan PPU terbatas. Diharapkan setelah adanya bantuan ini, tugas-tugas BPBD yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik,” jelasnya. (MC PPU/Helena/Kus)