Pelantar Pulau Kasu dan Karas Direhab Tahun Ini

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 11 Januari 2017 | 10:52 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Batam, InfoPublik - Pembangunan infrastruktur menjadi fokus Pemerintah Kota Batam di masa kepemimpinan Walikota-Wakil Walikota, Muhammad Rudi-Amsakar Achmad. Tak hanya mempercantik infrastruktur pulau utama (mainland), Pemkot juga tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat pulau penyangga (hinterland).

"Dalam era kepemimpinan Rudi-Amsakar, infrastruktur akan menjadi prioritas utama, bukan saja di daerah mainland tapi juga hinterland," kata Walikota Rudi saat pembagian beras gratis hasil sitaan Bea Cukai di Pulau Kasu Kecamatan Belakangpadang, akhir pekan lalu.

Pulau Kasu menjadi salah satu lokasi pembangunan infrstruktur di tahun anggaran 2017. Adapun kegiatan yang akan dilakukan yakni perbaikan bangunan pelantar.

Bangunan pelantar yang ada saat ini sudah mengalami kerusakan. Terlihat mulai dari lantai, atap, hingga pagar pengamannya. Perbaikan akan dilakukan di titik sepanjang 160 meter dari total 230 meter panjang pelantar. Biaya yang disiapkan untuk rehabilitasi pelantar ini sebesar Rp1,5 miliar.

"Kami sangat berharap pemerintah membantu perbaikan pelantar di Pulau Kasu. Karena kami sangat perlu pelantar ini, sebagai tempat kami naik turun dari kapal dan bongkar muat barang," kata Azman, tokoh masyarakat setempat.

Selain Pulau Kasu, rehabilitasi pelantar ini juga rencananya akan dilaksanakan di Pulau Karas Kecamatan Galang. Selain itu Pemkot Batam juga akan membangun pelantar beton baru di Tiawangkang.

Tahun ini Pemkot Batam juga berencana merehabilitasi Pelantar beton Pulau karas, dan membangun baru pelantar beton di Tiawangkang, Kecamatan Sagulung.

Sementara untuk di mainland, proyek infrastruktur masih difokuskan pada pelebaran jalan, seperti tahun 2016 lalu. Adapun ruas jalan yang akan ditingkatkan kapasitasnya antara lain pengaspalan simpang Lippo-simpang Telkom Pelita, simpang BNI Sei Panas-bundaran Ocarina Batam Centre.

Kemudian, simpang Apartemen Harmoni Nagoya-simpang Baloi Centre, bundaran Planet Holiday Hotel-simpang The Hills Hotel, underpass Pelita-simpang Telkom Pelita-Irinco, dan Simpang Jam-simpang BNI Sei Panas. (MC Batam Kartika/toeb)