Sambut Asian Games 2018, Toko Dicat Ulang

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 9 Januari 2017 | 09:05 WIB - Redaktur: Kusnadi - 392


Palembang, InfoPublik – Pemerintah Kota Palembang mengimbau pemilik toko di kawasan Sudirman dan Tengkuruk untuk mengecat ulang toko masing-masing.

Imbauan itu melalui surat edaran sudah disebarkan ke pemilik toko di dua kawasan tersebut.

Selain mengecat bangunan, dalam surat edaran itu, disebutkan, untuk menyemarakkan Bonn Challenge Februari 2017 dan Asian Games 2018, Pemerintah Kota Palembang mengimbau pemilik ruko menyediakan kotak sampah, dan memasang papan nama toko dalam bentuk neon box.

Neon box ini disarankan menggunakan lampu pada siang hari dan vendor pada malam hari.

“Jika tidak diindahkan, Pemkot akan lakukan peninjauan kembali perizinan bangunan toko,” ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, di acara sosialisasi penataan kawasan Sudirman dan Tengkuruk Permai, di rumah dinasnya, Jumat (6/1).

Sosialisasi ini dihadiri 300 pedagang yang menempati Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Tengkuruk Permai.

Harnojoyo menerangkan, penataan ruko di kawasan Sudirman ini merupakan salah satu dari langkah penataan kota.

“Palembang ini menjadi etalase Indonesia, Asian Games 2018,” ujar Harnojoyo.

Khusus untuk pemilihan warna, kata Harnojoyo, paling tidak, satu ruko diharapkan satu warna. Sementara itu, agar tetap kelihatan gemerlap kala malam, neon box toko diminta berukuran yang menyesuaikan pintu toko.

“Kami berharap semua mengupayakan sama-sama agar Sudirman bisa tetap terbuka sampai malam hari. Kita buat nyaman pejalan kaki dan dukung kebutuhan pemilik ruko sendiri,” kata Harnojoyo, seraya menambahkan, akan ada 13 warna untuk memmemberikan warna-warni dijalan utama tersebut.

Kuswardi, dari toko pakaian di Jalan Tengkuruk, mengatakan siap mengikuti kebijakan Pemkot demi keindahan kota. Kuswardi juga tidak mempersoalkan jika harus mengecat sendiri dan menyediakan kotak sampah.

“Ya kalau kota kita indah tentu kami siap melaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Liliani salah satu pemilik ruko di Jalan Jenderal Sudirman, berharap, impian Pemkot Palembang untuk memperindah kota tersebut juga diimbangi dengan keamanan dan keaktifan pasukan kuning.

Diakuinya, tokonya sudah pernah memasang lampu hias dan kotak sampah untuk toko, tapi selalu hilang dicuri orang. Selain itu, kondisi pedestrian Sudirman yang sudah cantik dan terkesan mewah itu sudah tampak kusam dan penuh daun.

“Neon box tentu membuat toko kami semakin bagus tapi kalau hilang bagaimana? Kami juga sayangkan kalau pedestrian sudah bagus tapi tidak dijaga kelanjutannya,” kata Liliani.

Terkait jaminan keamanan yang diminta pedagang, Harnojoyo mengatakan Pemkot akan menyiapkan puluhan polisi wisata dan petugas Dinas Perhubungan.

“Para petugas ini yang akan berpatroli menjaga keamanan dan kenyamanan,” ujar Harnojoyo. (Ria Amelia/Hidayatullah/Kus)