Peran Ibu Jadi Pilar Utama Dalam Pola Asuh Anak Dalam Keluarga

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 5 Januari 2017 | 18:48 WIB - Redaktur: Tobari - 895


Sumenep, InfoPublik -  Peran seorang ibu dalam keluarga menjadi pilar utama untuk membentuk pribadi anak yang baik. Karena itu, ibu memiliki peran penting dalam mempersiapkan perkembangan anak sejak usia dini, yakni bagaimana seorang ibu bisa melakukan pola asuh anak dengan baik.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua Pokja I Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep Nurhayati kepada wartawan, Kamis (5/1). Menurutnya, pola asuh anak yang baik akan menciptakan keluarga harmonis dan sejahtera.

“Anak merupakan masa depan keluarga dan bangsa, sehingga perlu dipersiapkan sejak dini agar kelak menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya, keluarga dan Negara.” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan anak harus dipersiapkan sejak dini agar mendapatkan pola asuh yang benar saat mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Dengan pola asuh yang baik akan mengarahkan anak menjadi pribadi yang kuat, tidak mudah putus asa, dan tangguh menghadapi tekanan hidup.

“Pola asuh anak harus sesuai dengan kaidah pola asuh yang baik dan tidak otoriter, sehingga komunikasi yang baik akan terjalin antara orang tua dan anak,” katanya.

Untuk itu, tegas Nurhayati, pihaknya bersama pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep lainnya, akan terus melakukan sosialisasi pola asuh anak kepada seluruh anggota TP-PKK hingga di Kecamatan dan Desa.

Bahkan, dalam waktu dekat ini, TP-PKK Kabupaten Sumenep akan menggelar Lomba Simulasi Pola Asuh Anak antar Kecamatan se-Kabupaten setempat. (Ren/Fer/toeb)