Kemenhub Inspeksi Pemakaian Jaket Keselamatan Kapal ke Pulau Tidung

:


Oleh Dian Thenniarti, Kamis, 5 Januari 2017 | 01:25 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 617


Jakarta, InfoPublik - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono lakukan kunjungan ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta Utara. Kunjungan dadakan tersebut dilakukan guna melihat langsung implementasi penggunaan life jacket atau jaket keselamatan oleh penumpang kapal rakyat.

Pada kunjungan tersebut, Dirjen Tonny didampingi oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Rudiana, Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto, Syahbandar Utama Tanjung Priok Marwansyah, Kadisnav Priok Budhi Setyadjid, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT Capt Aldrin Dalimunte, dan para KSOP di lingkungan UPT di Jakarta.

"Kedatangan saya ke Pulau Tidung selain untuk melihat situasi terakhir dari musibah terbakarnya KM Zahro Express, saya juga akan mengecek kelengkapan alat keselamatan dalam hal ini life jacket di kapal rakyat," ujar Tonny, Rabu (4/1).

Dirjen Tonny dan jajarannya beserta awak media menggunakan Kapal Negara Kenavigasian KN Enggano milik Disnav Kelas I Tanjung Priok yang berangkat dari Pelabuhan Kali Adem dan diikuti oleh Kapal Patroli KSOP Sunda Kelapa dan dua unit Sea Rider milik Disnav Priok menuju Pulau Tidung.

"Kita ini mau sidak (inspeksi mendadak) apakah life jacket dipakai waktu kapal jalan. Jangan sampai disiplinnya di pelabuhan saja," kata Tonny di atas KN Enggano di perairan Kepulauan Seribu.

Selain itu, kedatangan jajaran Ditjen Hubla untuk mengecek alur di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menhub Budi Karya Sumadi dengan mengikutsertakan PT Pelni dan PT ASDP untuk menyediakan transportasi laut di wilayah kepulauan Seribu.

"Selain sidak, kami juga mengecek alur masuk di pelabuhan. Apakah kedalaman airnya mencukupi untuk kapal Pelni dan ASDP, oleh karenanya saat ini dilakukan peninjauan," jelas Tonny.

Ketika tiba di Pulau Tidung,  Dirjen Tonny melakukan inspeksi mendadak ke KM Dolphin, salah satu kapal ojek trayek Muara Angke - Pulau Tidung yang baru sampai di Dermaga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu karena kedatangan KN Enggano hampir bersamaan dengan tibanya KM Dolphin tersebut.

Tonny menyebutkan bahwa dalam pelayaran yang harus diperhatikan adalah alat keselamatan pelayaran dalam hal ini adanya life jacket. "Saya minta agar para penumpang harus diedukasi untuk menggunakan life jacket selama perjalanan," ujar Tonny.