Wates, InfoPublik – Pj.Bupati Kulonprogo Ir.Budi Antono,MSi mengharapkan kepada Satuan Pengamanan (Satpam) agar dalam menghadapi Tahun Baru 2017 seluruh komponen Satpam dapat bekerjasama dengan Polri dalam melaksanakan tugasnya, yaitu meningkatkan pembinaan keamanan di lingkungan kerja secara riil.

“Serta, konsisten dan berkelanjutan sebagai suatu proses dalam memberikan jaminan keamanan bagi pelaku usaha maupun masyarakat,” katanya ketika memimpin Upacara HUT Satpam ke-36 tahun 2016 Kabupaten Kulonprogo, yang dilaksanakan Polres Kulonprogo, di Wates, Jum’at (30/12).

Juga meningkatkan hubungan kemitraan Satpam dengan Polri secara profesional dan proporsional, dalam bentuk forum kemitraan guna meningkatkan kinerja dalam rangkaian memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

Sekaligus, meningkatkan dan menampilkan perilaku correct, peka dan waspada terhadap setiap peristiwa/kejadian dengan mengutakaman pelayanan dan perlindungan bagi pelaku usaha dan masyarakat di lingkungan kerja.

Satuan Pengamanan juga diharap dapat memantapkan dan mengembangkan terus komitmen moral dan disiplin sebagai garda terdepan dalam memberikan perlindungan dan pengayoman di lingkungan kerja sebagai pengemban fungsi Kepolisian Terbatas.

“Serta meningkatkan hubungan komunikasi, koordinasi dan kerjasama antara Badan Usaha Jasa Pengamanan dengan Satuan Kewilayahan Polri, maupun antara anggota Satuan Pengamanan dengan petugas kepolisian di lapangan,” kata Pj.Bupati Kulonprogo Budi Antono.

Selain memimpin upacara yang dilaksanakan di Aula Mapolres karena hujan deras, Pj. Bupati Budi Antono juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 3 juara pada Lomba Pos Penjagaan dan lomba kemampuan dan keterampilan Satpam Tingkat Polres Kulonprogo.

Piagam diberikan kepada juara I Satuan Pengamanan (Satpam) PT.JMI Temon, juara II Satpam PT Putra Patria Adikarsa, dan juara III Satpam Bank BRI Cab. Kulonprogo.

Kesatuan yang ikut upacara terdiri dari Polsuspas Rutan, Sat Pol PP, Satpam, Senkom Mitra Polri, Awak Poskamling, dan Saka Bhayangkara.

Pada HUT Satpam ke-36 ini, Pj.Bupati Kulonprogo Budi Antono menyampaikan selamat memperingati HUT ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) Tahun 2016, atas nama  masyarakat dan Pemkab Kulonprogo. 

“Peringatan hendaknya bisa dijadikan momentum untuk melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan eksistensi Satuan Pengamanan sebagai mitra Polri, dalam penyelenggaraan fungsi pengamanan swakarsa,” kata Budi Antono.

Ia juga menjelaskan, sesuai Undang-Undang, pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh Kepolisian Khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil, dan atau bentuk-bentuk Pengamanan Swakarsa.

Pengamanan Swakarsa atau Satuan Pengamanan merupakan mitra sejajar Polri yang mengemban fungsi Kepolisian terbatas dalam membantu Polri melaksanakan tugas pokoknya di lingkungan tempat tugasnya masing-masing.

Rio Rachmadi, Satpam RSUD Wates menyampaikan prinsip-prinsip penuntun Satpam antara lain, memegang teguh disiplin, patuh dan taat pada pimpinan, jujur dan bertanggungh jawab. Senantiasa menjaga kehormatan satuan pengamanan,

Senantiasa waspada melaksanakan tugas sebagai pengaman dan penertib di lingkungan kerja, Senantiasa bersikap open, tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi di lingkungan kerja, dan Satpam adalah petugas yang tangguh dan senantiasa bersikap etis dalam menegakkan peraturan. (MC Kulonprogo/toeb)