Pidie Jaya Dapat Hibah Mesin IKM

:


Oleh Wawan Budiyanto, Rabu, 28 Desember 2016 | 23:42 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 838


Jakarta, InfoPublik - Guna membangkitkan kembali semangat dan aktivitas usaha, Kementerian Perindustrian memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM).

Pemberian bantuan berlangsung di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh yang menjadi korban gempa bumi beberapa waktu lalu. 

"Pemerintah terus berupaya memperbaiki dan merevitalisasi kerusakan akibat gempa di Pidie Jaya dan daerah sekitarnya termasuk memulihkan iklim usaha," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran resminya Rabu (28/12), pada serah terima bantuan untuk korban gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh.

Menurut Menperin, sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar pemerintah pusat saling berkoordinasi dengan pemerintah daerah sehingga proses penanganan gempa bisa berjalan cepat, tepat dan bermanfaat bagi para korban, mengingat jumlah korban jiwa dan luka-luka yang tidak sedikit.

“Laporan yang kami terima, dari 1.030 IKM yang beroperasi di Pidie Jaya, ada 236 IKM yang paling terkena dampak gempa, yang antara lain bergerak di sektor makanan, pencetakan batu bata, konveksi, dan perbengkelan,” ujarnya. 

Secara simbolis, Menperin menyerahkan mesin dan peralatan kepada 50 IKM makanan dan 30 IKM konveksi di Pidie Jaya, sebagai kabupaten yang terkena dampak cukup besar dari gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter tersebut. 

"Pada tahap pertama ini, bantuan di antaranya berupa mesin jahit, mixer, dan alat press kemasan," jelasnya.

Sementara Dirjen IKM Gati Wibawaningsih menjelaskan, Ditjen IKM Kemenperin melaksanakan program rehabilitasi bencana gempa berupa bantuan alat mixer, blender, oven, dan alat lainnya terkait dengan makanan ringan untuk 81 IKM, serta bantuan alat press batu bata untuk menggantikan peralatan yang sederhana bagi 51 IKM.

Selain itu, bantuan peralatan perbengkelan sepeda motor berupa toolkit, kompresor dan peralatan lainnya untuk 39 IKM, serta bantuan mesin jahit dan mesin obras untuk konveksi bagi 30 IKM. 

“Kami mengalokasikan dana yang kami miliki untuk merehabilitasi IKM-IKM tersebut. Dana itu akan kami gunakan untuk bantuan alat-alat kerja bagi IKM serta pembangunan kembali sentra IKM,” jelasnya.

Kemenperin juga menyerahkan paket sembako, sandang, perlengkapan mandi, dan tenda kepada masyarakat yang menjadi korban gempa. 

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan bisa meringankan beban para korban," ujarnya.