Gubernur Jambi Harap Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru Aman dan Tertib

:


Oleh MC Prov Jambi, Selasa, 27 Desember 2016 | 20:46 WIB - Redaktur: Tobari - 705


Jambi, InfoPublik - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA berharap pelaksanaan kegiatan Hari Raya Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017, dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Demikian disampaikannya saat meninjau Pos pengamanan Operasi Lalin 2016, Pos Taman Remaja Jelutung, pos lapangan tembak Kota Baru, dan dilanjutkan dengan peninjauan Gereja Kota Baru dan Pos Pengamanan Alam Brajo Kec. Alam Brajo.

Pada kesempatan ini, Gubernur didampingi Kapolda Jambi Brigjend Pol. Yazid Fanani, Komandan Korem 042 Gapu Refrizal dan Ketua DPRD Provinsi Jambi H. Cornelis Buston, Sabtu (24/12) malam. 

Disela peninjauan tersebut, Gubernur, Kapolda, Danrem dan Ketua DPRD Provinsi Jambi juga menyerahkan bingkisan makanan ringan, mi instant dan air minum untuk penjaga pos yang sedang bertugas. 

Ada dua tim yang dibentuk untuk melakukan pemantauan. Selain tim Gubernur, Kapolda, dan Danrem, ada tim lainnya yang beranggotakan Irwasda Polda Jambi, Kasrem 04 Garuda Putih, serta sejumlah pejabat utama lainnya. 

Tim kedua ini melakukan pemantauan di pos depan WTC Batanghari, Gereja St. Theresia, KONI Provinsi Jambi, dan Bandara Sultan Thaha. Sejauh ini, situasi Kota Jambi terpantau kondusif.

Pada saat ditemui media usai peninjauan, Gubernur Zola menjelaskan bahwa dirinya beserta unsur Forkopimda telah meninjau di beberapa pos keamanan dan gereja. Semua kegiatan Ibadah berjalan dengan aman dan kondusif.

“Diharapkan, kondisi yang seperti ini aman dan kondusif selalu terjaga dan dapat berlanjut sampai pergantian tahun 2017  dan seterusnya aman," harap Gubernur. 

Gubernur juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Jambi untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, bukan hanya pada Natal saja. Diharapkan seterusnya kita selalu menjaga keamanan ditengah masyarakat. 

"Dari pantauan kami ada delapan gereja yang sedang melaksanakan rangkaian Ibadah natal dengan lancar dan aman malam ini," kata Gubernur. 

Pada kesempatan ini Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat bagi masyarakat yang merayakan Natal. "Saya ucapkan selamat Natal bagi masyarakat yang merayakannya," katanya.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjend Pol. Yazid Fanani menjelaskan bahwa tadi secara bersama-sama Forkompimda Provinsi Jambi memantau langsung pelaksanaan natal.

“Syukur Alhamdulillah berjalan dengan aman.  Jajaran kepolisian di Provinsi Jambi mengerahkan kekuatan penuh mengamankan perayaan Natal 2016 hingga Tahun Baru 2017,” katanya.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru dilakukan ekstra ketat di daerah untuk menutup celah aksi teror, khususnya teror pada pelaksanaan ibadah perayaan Natal, akhir tahun dan tahun baru di rumah-rumah ibadah.

“Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, ketertiban dan kekacauan lalu lintas selama perayaan Natal 2016 hingga Tahun Baru 2017 di Jambi," ucap Kapolda. 

Kapolda juga menjelaskan bahwa pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jambi merupakan gabungan dari unsur kepolisian, TNI dan dinas instansi Pemerintah Daerah. 

Sementara itu juga, Kapolresta Jambi Komisaris Besar Polisi Bernard Sibarani mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan sekitar 1.000 orang personel gabungan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Kota Jambi.

Pasukan pengamanan natal dan tahun baru di Kota Jambi tidak hanya siaga di posko, tetapi juga ada yang melakukan patroli selama 24 jam. Pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru juga disiagakan di gereja-gereja yang berada di pinggiran kota atau di luar komplek gereja Kotabaru dan Pasar. (Sapra Wintani/Said Usman/Kamarul Zaman/toeb)