Bupati Bone Bolango Serahkan Bantuan Miliaran Rupiah Untuk Nelayan Bonpes

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Minggu, 25 Desember 2016 | 20:24 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Bone Bolango, InfoPublik – Nelayan di lima kecamatan di wilayah Bone Pesisir (Bonpes) Kabupaten Bone Bolango menerima ragam bantuan sarana dan prasarana perikanan tahun anggaran 2016. Bantuan tersebut bernilai miliaran rupiah dari pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango.

Ragam bantuan itu, diserahkan bersamaan dengan pengresmian pemanfaatan Cold Storage dan Ice Flake oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Inengo, Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone, Sabtu (24/12).

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang didampingi Ketua DPRD, Faisal Mohie, Kepala DKP Bone Bolango, Syaiful Umar, dan sejumlah pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Bone Bolango, mengatakan, ragam bantuan yang bernilai miliaran rupiah yang diserahkannya itu ditujukan untuk meningkatkan pendapatan rakyat, khususnya para nelayan yang berada di wilayah Bone Pesisir

.”Program dan bantuan seperti ini kedepan akan terus kita kucurkan pada nelayan di Kabupaten Bone Bolango,”katanya. Karena itu, ia berharap kepada para nelayan maupun kelompok nelayan yang menerima bantuan agar bisa bertanggungjawab terhadap bantuan tersebut.

Menurutnya, bantuan ini tidak selalu ada setiap tahun, karena kondisi anggaran negara dari tahun ke tahun kian terbatas. Untuk itu, Bupati menitipkan pesan agar bantuan yang diberikan itu agar dirawat, dipelihara, dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Jika masyarakat nelayan di wilayah Bone Pesisir ini berhasil, maka tentu kami pemerintah daerah tetap akan terus meluncurkan program dan bantuan seperti ini, tapi kepada kelompok maupun individu nelayan lainnya yang belum menerima bantuan,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Bone Bolango, Syaiful Umar, menjelaskan bahwa ragam bantuan yang diresmikan dan diserahkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou tersebut, diantaranya gedung Cold Storage 1 unit yang bernilai Rp.2,1 miliar lebih, Ice Flake 1 unit Rp.659,1 juta lebih, mesin katinting 9 PK 58 unit Rp.495,5 juta lebih, mesin katinting 6 PK 67 unit Rp.571,2 juta lebih.

Selanjutnya, alat tangkap purseine 1 unit Rp.239,5 juta lebih, rumpon 10 unit Rp.312,5 juta lebih, perahu pelang dan mesin 13 PK 5 unit Rp.209 juta, mesin tempel 15 PK 2 unit Rp.70 juta, alkon 7 unit Rp.29,9 juta lebih, benih ikan air tawar 120.012 ekor Rp.47,4 juta, pakan ikan air tawar 11.760 Kg Rp.161,7 juta lebih, benih ikan air laur 7.200 ekor Rp.167,7 juta lebih, Pos Jaga PPI Inengo 1 unit Rp.39,9 juta lebih, pagar BBI Tongo 1 unit Rp.49,2 juta, dan rumah petugas BBI Tongo 1 unit Rp.199,2 juta lebih. (MC.Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)