DKP2SKSA Cilacap Optimalkan Peran Pokwasmas

:


Oleh MC Kabupaten Cilacap, Rabu, 21 Desember 2016 | 09:30 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 454


Cilacap, InfoPublik  - Pemerintah Kabupaten Cilacap, melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumberdaya Kawasan Segara Anakan akan terus mengoptimalkan peran Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) Perikanan. Sebab keterlibatan masyarakat sangat mempengaruhi keberhasilan pelestarian sumberdaya laut dan perikanan di Cilacap.

Kepala DKP2SKSA Cilacap, Supriyanto, Selasa (20/12) menjelaskan, saat ini Pokwasmas sudah terbentuk di beberapa wilayah, seperti Kelurahan Kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah, Desa Adiraja Wetan Kecamatan Adipala dan Desa Kaliwungu Kecamatan Kedungreja.

Dalam pelaksanaannya, mereka cukup konsisten dalam pengawasan sumberdaya perikanan di wilayahnya. Mereka bahkan memasang aturan-aturan yang disepakati oleh masyarakat, misalnya larangan menangkap ikan dengan setrum dan larangan pemasangan jaring pada kawasan pemijahan ikan.

Menurut Supri, hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungannya semakin meningkat. Di sisi lain, Pokwasmas Perikanan saat ini mulai mengembangkan diversivikasi usaha, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pokwasmas Desa Kaliwungu

Kecamatan Kedungreja misalnya, saat ini nelayan setempat mulai mengembangkan usaha pembuatan batu bata, dengan bahan dasar lumpur yang diperoleh dari perairan setempat. Selain itu, Pokwasmas tersebut juga mengembangkan budidaya ikan sidat bicolor, yang bernilai ekonomis tinggi. Di sisi lain, komoditas tersebut sangat diminati oleh pasar mancanegara, sehingga peluang bisnisnya sangat menjanjikan.(don/ov/eyvi)