Desa Limbung Kubu Raya Dijadikan Kampung KB

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Selasa, 20 Desember 2016 | 17:37 WIB - Redaktur: Tobari - 742


Sungai Raya, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mencanangkan kampung KB (keluarga berencana) di Desa Limbung Kabupaten Kubu Raya, Selasa (20/12), dalam rangka menekan angka penduduk yang terus bertambah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus saat membuka secara resmi Kampung Keluarga Berencana (KB) kedua, setelah Kampung KB Desa Mekarsari beberapa waktu lalu.

"Dengan kata lain Kabupaten Kubu Raya sudah melakukan pembentukan dua lokasi kampung KB, dan ini juga sesuai dengan kegiatan program Presiden Republik Indonesia pada bulan Januari 2016 lalu. Hal ini juga telah dilakukan pada tingkat Provinsi Kalbar," ucap Hermanus di Sui Raya.

Lebih lanjut pihaknya menyambut dengan baik dengan dicanangkannya kampung KB untuk daerah Kubu Raya karena dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia merupakan tanggung jawab bersama, baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah daerah beserta jajarannya, dengan didukung masyarakat dan seluruh komponen untuk bersama mensukseskan program KB.

"Ini adalah program dimana kita ingin membangun keluarga yang berkualitas serta berkeinginan untuk mewujudkan keluarga yang maju dalam bagian revolusi mental yang berbasis keluarga," ungkapnya

Sementara itu ditempat yang sama, Camat Sungai Raya Suhari mengatakan masyarakat Desa Limbung menyambut kampung KB ini sangat berantusias karena pada program KB juga berkesinambung dengan program lainnya, seperti program Dukcapil dan program pertanian.

"Mudah-mudagan dengan ditunjuknya Desa Limbung sebagai kampung KB masyarakatnya dapat lebih sejahtera dan keluarganya lebih berkuitas dan mandiri untuk membangun Kubu Raya kedepan," ujarnya.

Terkait dengan angka target untuk dicapai BKKBN dirinya menuturkan belum bisa memprediksi karena angka tersebut masih kajian dari badan teknis tersebut. Tujuan dari pada KB, adalah untuk mengatur angka kelahiran masyarakat supaya keluarga tersebut lebih sejahtera dan berkualitas.

"Bukan hanya pangannya saja, namun juga pendidikan serta lainnya. Dengan dibentuknya Desa Limbung sebagai kampung KB, mudah-mudahan kehidupan masyarakatnya secara ekonomi akan lebih baik sehingga bisa bersanding dan berperan aktif membangun Kubu Raya kedepannya," katanya.

Hal lainnya juga disampaikan oleh Kepala Desa Limbung Tajudin Ramli dalam mengatasi kenakalan remaja dari serangan narkoba dan pernikahan dini, serta peningkatan pemakaian KB jangka panjang program kampung KB diharapkan dapat menjadi wadah bagi warga khususnya Desa Limbung untuk lebih baik kedepannya.

Mudah-mudahan dengan pecanangan kampung KB ini bisa menekan jumlah penduduk terutama yang menikah di usai muda. Karena memang di tahun sebelumnya penikahan dini ini sering terjadi.  (MC KubuRaya/irdiansyah/toeb)