Pejabat Pemkot Padang Jalani Tes Urine

:


Oleh MC Kota Padang, Selasa, 20 Desember 2016 | 17:19 WIB - Redaktur: Tobari - 292


Padang, InfoPublik – Pemerintah Kota Padang, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat, melakukan pemeriksaan urine para  pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkot Padang, di Balaikota Padang, Selasa (20/12) pagi.

Hal ini sesesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN, sejauh mana pejabat menjaga kredibilitas integritas pribadinya dalam bertugas.

Pemeriksaan urine para pejabat dilaksanakan secara mendadak. Pemeriksaan berlangsung saat digelarnya Rapat Staf di Balaikota. Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo pejabat pertama yang melakukan tes urine, dituntun menuju kamar kecil. Dan keluar dari toilet membawa botol kecil berisi urinenya. Setelah itu, Wakil Walikota Padang H. Emzalmi yang melakukan tes urine.

“Kegiatan tes urine ini, bekerjasama dengan BNN Provinsi Sumatera Barat. Dan  tidak ada pejabat yang tidak ikut,” kata Mahyeldi.

Wawako H. Emzalmi yang juga Ketua BNK Padang mengatakan, tes urine tidak saja dilakukan kepada masyarakat, tetapi juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab ASN menjadi contoh bagi masyarakat dan tidak boleh terlibat narkoba. Orang yang terlibat Narkoba itu pemikirannya terganggu.

Namun pada pemeriksaan urine pejabat ini jika, ada pejabat yang terbukti positif menggunakan narkoba akan dilakukan asesmen dan diteliti lebih lanjut. Dari mana ia mendapatkan barang haram itu. Dan pasti ditelusuri, dan tak akan dibiarkan. Dan yang pasti orang mengkonsumsi Narkoba pasti pula pemikirannya tergaganggu.  

Apalagi kini, akan melakukan pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, dan tes urine menjadi salah satu indikator penilaian yang penting  untuk menduduki jabatan yang dipercayakan serta agar bisa menjalan amanah yang diberikan. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)