Pemkab Sergai Gelar Ujian Seleksi Tenaga Kontrak Non Guru

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 19 Desember 2016 | 08:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 710


Sei Rampah, InfoPublik - 1.451 orang tenaga kontrak (hononer) non guru yang terdaftar bekerja dan bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengikuti seleksi yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bertempat di gedung SMAN 1 Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Sabtu (17/12).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM saat meninjau pelaksanaan ujian tersebut mengatakan bahwa ujian seleksi atau juga disebut asesor ini dilaksanakan guna memastikan bahwa tenaga kontrak yang merupakan bagian dari Pemkab Sergai adalah pendorong kinerja dilingkungan SKPD masing masing.

“Melalui kegiatan seleksi ini kita akan dapat mengukur kedisiplinan, perilaku, kompetensi mereka dalam mengikuti berbagai tahapan yang telah ditetapkan panitia,”terang Bupati.

Lebih lanjut menurut Bupati Sergai, hasil seleksi ini nantinya bukan hanya menentukan lulus atau tidak lulus, akan tetapi juga yang paling utama adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), jika dapat mengikuti dengan baik diharapkan hasilnya berbanding lurus dengan kinerja yang dihasilkan.

Mengakhiri sambutannya Soekirman berharap dengan memiliki SDM yang mumpuni dan mampu mengikuti laju cepat gerbong lokomotif pemimpin, maka kita akan lebih cepat mewujudkan visi Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

"Dari kegiatan seleksi yang digelar mulai pagi dan sore ini saya sangat senang karena mereka begitu antusias mengikuti ujian seleksi, mudah mudahan nantinya berdampak positif dengan meningkatnya kinerja,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKD H. Ifdal, S.Sos, M.AP mengatakan kegiatan ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Sergai Nomor 18-36/800/5142/2016 yang menginstruksikan bahwa seluruh tenaga honorer yang ada disetiap SKPD wajib mengikuti ujian seleksi secara massal guna meningkatkan SDM yang unggul, inovatif dan berkelanjutan sesuai visi Kabupaten Sergai saat ini.

"Dari jumlah total yang lulus seleksi administrasi tercatat dua orang tidak. Materi ujian disusun oleh pihak akademisi dan konsultan pendidikan. Mereka yang mengantar soal, kemudian setelah selesai soal dan jawaban dikumpul dan dibawa mereka kembali,” terang Ifdal.

Sebagai informasi jumlah seluruh tenaga kontrak di Pemkab Sergai non guru saat ini adalah sebanyak 1.492 orang. Akan tetapi setelah dilakukan seleksi administrasi dan penyaringan berkas maka tersisa sebanyak 1.451 orang, dengan perincian laki-laki sebanyak 885 orang dan perempuan 566 orang. Dengan jumlah peserta seleksi yang begitu banyak, panitia membagi menjadi dua gelombang, dimana gelombang pertama pada pagi hari di ikuti sebanyak 760 orang dan sore hari 691 orang.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Asisten Administrasi Umum Setdakab Sergai H. Karno, SH, MAP, anggota DPRD Komisi A Rahmat Cukup Purba dan Nuralamsyah serta penyelenggara dari Permata Psycho Consultant Medan.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv)