Puskesmas Simpang Empat Banjar Gelar Lomba Balita Sehat

:


Oleh MC Banjar, Senin, 19 Desember 2016 | 08:02 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 395


Martapura, InfoPublik  - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Simpang Empat 1 Kabupaten Banjar menggelar Lomba Balita Sehat tingkat kecamatan bertajuk “Anak Sehat Ibu Cermat Keluarga Hebat Tahun 2016”, Rabu Siang, (14/12). Acara ini merupakan bagian wacana menciptakan sumber insani dan  pengembangan anak usia di bawah lima tahun.

Lomba ini terbagi dalam tiga kategori penilaian yaitu penilaian KB (Keluarga Berencana), penilaian imunisasi, penilaian Ibu dan Ayah. Seluruh pesertanya berasal dari Kecamatan Simpang Empat. Acara ini tidak hanya berisi penjurian, namun juga diramaikan dengan berbagai hadiah dari panitia dan berfoto bersama.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Banjar Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur menjelaskan, anak merupakan generasi penerus. Salah satu tugas orang tua adalah menjaga kesehatan dan kecerdasan anak. Orang tua diminta aktif mengawasi serta menjaganya dan pantau tumbuh kembang anak, salah satunya melalui posyandu dan sejenisnya.

Ditambahkannya, salah satu pengoptimalan tumbuh kembang anak adalah melalui bonding atau menumbuhkan ikatan emosi antara anak dengan orang tuanya melalui penyediaan waktu untuk berkomunikasi secara lebih baik.

“Termasuk memberikan rasa aman dan kepercayaan pada anak. Salah satunya dengan pemberian ASI secara langsung hingga kulit ibunya menyetuh langsung anak bayinya atau skin to skin ,” ujar Gita Saidi Mansyur yang juga Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banjar ini.

Oleh karena itu, ujarnya, sebagai orang tua sangat penting bersikap sensitif, responsif dan konsisten agar pada saat makan anak mendapat asupan gizi yang tepat tanpa merasa stres.

Kepala Puskesmas Simpang Empat Agus Dwi Karyanto menambahkan, sumber daya insani yang berkualitas didapat melalui pembinaan dan pengembangan kesehatan dan tumbuh kembang balita sedini mungkin. Selain itu juga meningkatkan partisipasi orang tua balita agar anakny tumbuh dan kembang secara optimal. (Hum/welson/Mcbanjar/zay/Eyv)