16 Desa Di Sumenep Belum Setor Laporan Realisasi DD

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 15 Desember 2016 | 18:57 WIB - Redaktur: Tobari - 603


Sumenep, InfoPublik -  Sekitar 16 desa dari 330 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum menyetor laporan realisasi Dana Desa (DD). Padahal, saat ini sudah memasuki akhir tahun anggaran 2016.

“Laporan realisasi penggunaan DD tersebut seharusnya sudah rampung dan disetorkan ke pemerintah. Tapi ternyata sampai saat ini masih tersisa 16 desa yang belum setor,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Sumenep, H. Ahmad Masuni, S.E., M.M., Kamis (15/12).

Menurutnya, laporan realisasi bantuan DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu baru rampung sekitar 95%. “Jadi masih tersisa 5%. Ya kita menunggu rampungnya laporan realisasi DD untuk dilaporkan ke Pemerintah Pusat,” katanya.

Masuni mendesak bagi 16 desa agar segera menyetorkan laporan realisasi DD. Dan untuk membantu proses pembuatan LPJ bisa segera rampung 100%, pihaknya terus berkoordinasi dengan pejabat di masing-masing Kecamatan.

“Koordinasi dengan Kecamatan yang desanya belum setor laporan realisasi DD terus dilakukan, termasuk menyiagakan Tim di Kecamatan guna membantu menyusun LPJ yang kini masih dalam proses penyelesaian,” ungkapnya.

Ia mengakui jika DD tahap kedua masih belum dikucurkan sampai menunggu rampungnya LPJ tahap pertama tersebut. “Kendala terbesar DD tahap kedua tidak dikucurkan akibat molornya laporan realiasi DD tahap pertama,” katanya. (Nita/Fer/toeb)