Sawah Cetak Baru Di Nanggulan Hasilnya Terus Meningkat

:


Oleh MC Kabupaten Kulonprogo, Rabu, 14 Desember 2016 | 20:25 WIB - Redaktur: Tobari - 726


Wates, InfoPublik - Keberhasilan cetak sawah baru menunjukkan keberhasilan dan diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Kulonprogo. Sawah cetak baru yang berada di Pedukuhan Donomerta Donomulyo, Nanggulan, yang dibuka pada Desember 2015 ini telah dua kali panen.

Hasil ubinan    mengalami peningkatan. Ubinan pada panen pertama April 2016 menghasilkan 5,1 kg gkp (gabah kering panen), sedangkan panen kedua yang dilakukan Rabu (14/12) meningkat menjadi 5,5 kg gkp.

Gimo, Ketua P3A Sekar Mulyo Lengkon, mengatakan keberhasilan panen di lahan baru ini tidak terlepas dari peran Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulonprogo yang telah memberikan bantuan pupuk organik dan bibit padi Mikungga.

Namun keberhasilan ini terancam seiring dengan rusaknya jaringan irigasi Kalibawang yang menjadi satu satunya irigasi untuk mengairi lahan ini. Ia mengharapkan kerusakan jaringan irigasi ini segera mendapatkan perbaikan agar petani di lahan ini masih bisa menanam padi lagi.

“Lahan ini mengandalkan irigasi Kalibawang menjadi petit (paling ujung) dari jaringan irigasi ini, kerusakan irigasi ini agar segera perbaiki agar debit air bisa bertambah” tutur Gimo.

 Eko Wisnu Wardana, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, saat memberikan sambutan mengajak kepada anggota Kelompok Tani Patuh dan anggota P3A Sekar Mulyo Lengkong untuk selalu berusaha meningkatkan pengetahuan menggarap lahan sawah baru dengan mencari referensi teknologi pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian.

Dengan meningkatnya hasil panen diharapkan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat. “Jangan pernah jemu dan jenuh untuk selalu mencari referensi teknologi pertanian agar hasil panen selalu meningkat,” ajak Eko.

Panen raya di lahan baru ini dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Eko Wisnu Wardana, SE, Komandan Kodim 0731 Kulonprogo Letkol Teguh Tri Prihanto Usman, S.Sos, Dinas Pertanian DIY serta anggota Kelompok Tani Patuh dan anggota P3A Sekar Mulya Lengkong. Sebelum panen raya digelar upacara Wiwitan. (MC Kulonprogo/toeb)