DKK Padang Harus Siapkan Sumber Daya Manusia IT

:


Oleh MC Kota Padang, Sabtu, 10 Desember 2016 | 17:03 WIB - Redaktur: Tobari - 856


Padang,Infopublik - Puskesmas mempunyai fungsi utama menjalankan upaya pelayanan kesehatan untuk menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama menggerakkan pogram promosi kesehatan, penanggulangan dan pencegahan penyakit menular (P2M).

Kini Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan yang menyenangkan kepada setiap pasien  yang datang berobat melalui dunia Informasi Teknologi (IT).

“Berawal dari dua Puskesmas menggunakan sistem IT, berkembang lagi menjadi 18 Puskesmas dan tahun 2016 ini, semua puskesmas menyuguhkan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Padang,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Muharlion, S. Pd., Jum’at (9/12).

Disebutkan, salah satu tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan program pembangunan nasional secara berkelanjutan, berencana, terarah dan terpadu.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana unit fungsional kesehatan terdepan, yang memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

DKK Padang kini sedang berbenah memberikan kemudahan pelayanan kesehatan kepada warga dan kemudahan itu  harus dinikmatinya. Masyarakat yang mau mendaftar untuk berobat tak perlu lagi datang ke Puskesmas yang ditujunya.

Selain itu, mereka juga bisa melihat kehadiran dokter yang akan memeriksakan kesehatannya. “Sehingga mereka datang  ke Puskesmas tanpa menunggu dan harus antri lagi,” ucap Muharlion, anggota DPRD Komisi IV membidangi pendidikan dan kesehatan itu.

Muharlion menyarankan, karena Puskesmas di Kota Padang telah menggunakan sistem teknologi informasi,  maka DKK harus mempersiapkan SDM yang mengerti terhadap IT, sebab tidak semua masyarakat mengerti menggunakan teknologi modern ini.

Maka dari itu, petugas Puskesmas berkewajiban menuntun masyarakat, bagaimana cara menggunakannya, mulai dari mendaftarkan dirinya, berobat apa, bidangnya apa dan lain sebagainya. Apalagi Puskesmas akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), dan ini termasuk mencerdaskan masyarakat.

Positif sekali, terhadap kemajuan yang dilakukan DKK, upaya memberikan kemudahan kepada setiap pasien yang  datang berobat ke Puskesmas.

Niatkan melayani kesehatan warga yang datang berobat, mulai dari  pendaftaran pasien, upamanya ketika pasien masuk, pasien mendapatkan nomor rekam medis,  dan data-data pasien langsung diisi dalam form registrasi yang sudah tersedia di dalam komputer.

Data-data tersebut  tentu dimasukkan  lagi ke dalam database. Saat pasien keluar, selesai berobat, usahakan semuanya pulang tersenyum, punya kesan indah dan baik. Setidaknya mereka mungucapkan atau berkata, yoo sanang barubek kini, tibi langsung dilayani, sabanta salasai.

Hal ini salah satu indikator adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik di Kota Padang, sekaligus bukti bahwa Telekomunikasi sangat penting manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. (MC Padang/Irwan Rais/Bustam/toeb)