Tugu Integritas Mengusung Kearifan dan Modernisasi

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 9 Desember 2016 | 18:38 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Pekanbaru, InfoPublik – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, bersama Ketua KPK Agus Raharjo, Jaksa Agung HM Prasetyo, meninjau langsung Tugu Integritas yang berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas, Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru, Jum’at (9/12) pagi.

Peninjauan tersebut, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016, yang setiap tahun dilakukan pada 9 Desember.

Dalam sambutannya, Andi Rachman, begitu Gubernur Riau biasa disapa, mengatakan bahwa penamaan RTH Tunjuk Ajar Integritas ini mengandung cita-cita dan harapan. "Tempat ini juga menunjukkan jalinan sejarah, sekaligus hasrat mengusung kearifan lokal dan modernisasi," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Andi, dalam buku (Alm) Tenas Effendy, yang berjudul Tunjuk Ajar Melayu menyebutkan bahwa Tunjuk Ajar adalah segala yang meliputi jenis petuah, petunjuk, nasehat, amanah, pengajaran dan contoh teladan.

Sedangkan integritas seantiasa selalu dikaitkan dengan nasionalisme dan manajemen, terutama yang berkaita dengan pemimpin.

"Sehingga penamaan taman ini sendiri memiliki makna yakni hasrat bagaimana integritas dicontohkan, ditegakkan dan diwariskan. Yang mana terdapat proses belajar mengajar dan nasehat menasehati untuk memancarkan kewibawaan maupun kejujuran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas Gubri.

Selain ada prasasti pengibaran bendera sang saka merah putih pertama kalinya di Riau, di Taman Tunjuk Ajar Integritas ini terdapat Tugu Integritas yang menampilkan Bono Sungai Kampar dan Bono Sungai Rokan, serta Keris Melayu, Pendua, yang menjadi bentuk perwakilan dari diri untuk menancapkan semangat integritas penuh dari segala lapisan masyarakat.

Usai memberi paparan mengenai makna Tugu Integritas, Gubri, Ketua KPK, Jaksa Agung, bersama para tamu undangan kemudian berfoto bersama. Turut hadir dalam peninjauan ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (MC Riau/Zak/toeb)