BP3AKB Kubu Raya Terapkan MKBJP Untuk Desa Pedalaman

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 7 Desember 2016 | 18:49 WIB - Redaktur: Tobari - 700


Sungai Raya, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, melalui Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), hadir di Desa Air Putih untuk memberikan pelayanan gratis Metode KB Jangka Panjang, bersama kunjungan Bupati Kubu Raya Rusman Ali, selama dua hari, 5-6 Desember 2016.

Kabid Badan KB, BP3AKB, Suhartini mengatakan pelaksanaan pelayanan KB ini sendiri menyasar di sejumlah lokasi. Di antaranya di Desa Air Putih dan Desa Jangkang 1, Kecamatan Kubu. Sedangkan selama pelayanan di Desa Air Putih sekaligus untuk masyarakat Desa Ambawang, Kampung Baru dan Pinang Luar.

"Dalam pelayanan ini masyarakat sangat antusias sekali. Pada hari pertama pelayanan, sebanyak 29 orang pasang Implant dan 3 IUD," ujarnya, Selasa (6/12)

Kesadaran masyarakat untuk mengatur jarak kelahiran mulai muncul seiring dilaksanakannya selalu upaya dari Badan KB. Menggerakkan calon akseptor Petugas Lapangan KB bersama bidan melakukan sosialisasi Metode KB Jangka Panjang (MKBJP) di lini lapangan.

"Bersamaan dengan pelayanan KB MKJP IUD, lmplant, kita juga lakukan penyuluhan dengan berbagai pendekatan. Hal ini untuk memberikan pencerahan terhadap masyarakat agar bisa menjaga jarak kelahiran," ungkapnya.

Dirinya menuturkan Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah dengan pertumbuhan pendudukan yang lumayan cepat. Sehingga program KB ini penting dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Pelayanan hingga ke pelosok ini sebagai upaya pemerintah untuk terus membangun kesadaran masyarakat serta mempermudah masyarakat untuk memasang kontrasepsi," katanya.

Sementara itu Bupati Kubu Raya Rusman Ali berharap agar masyarakat memanfaatkan dengan maksimal kegiatan pelayanan keliling yang dilakukan Pemerintah. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, memudahkan masyarakat agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan berkualiatas.

"Kita ingin semua masyarakat dapat terlayani dengan baik,cepat,mudah dijangkau dan gratis. Ini dimaksudkan agar semua masyarakat kita menikmati pelayanan dari program-program pemerintah," kata Rusman Ali, di Kecamatan Kubu Kab Kubu Raya. (MC KubuRaya/Humas KKR/irdiansyah/toeb)