Pemkab Sleman Tanda Tangani MoU Dengan STTKD

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 7 Desember 2016 | 10:45 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 735


Sleman, InfoPublik - Upayakan kemajuan dan minat Kedirgantaraan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman tanda tangani MOU dengan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Pengukuhan komitmen kerjasama melalui penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan STTKD Jogja tersebut di pesawat praktikum berjenis Boeing 737-200 yang terparkir di Halaman kampus STTKD pada Senin (5/12).

Penandatanganan naskah kesepakatan merupakan amanah PP No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Kerja Sama Daerah serta Permendagri No. 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Kerja Sama Daerah. 

Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI  menyampaikan bahwa ruang lingkup kerjasama yang termaktub dalam nota kesepatan bersama meliputi pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengembangan sumber daya, pengabdian kepada masyarakat, praktek kerja lapangan, kuliah kerja nyata atau kegiatan dengan nama lain yang sejenis.

Dimana lingkup kerja sama tersebut diharapkan dapat merepresentasikan kebutuhan masing-masing institusi sehingga kerja sama ini dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Menurut Sri Purnomo di zaman mendatang, transportasi udara merupakan suatu hal yang sangat penting dan vital dimana menjadi bagian dari urat nadi transportasi di Indonesia.

Anggapan masyarakat di Indonesia yang dahulunya menganggap pesawat sebagai alat transportasi yang tidak efisien kini mulai hilang. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat  sekarang sudah mulai beralih menggunakan pesawat dibanding menggunakan alat transportasi lainnya.

“Bandara-bandara mulai padat dan tidak dapat menampung jumlah penumpang pesawat yang terus meningkat. Saya menaruh harapan besar bahwa pembangunan wilayah Kabupaten Sleman akan semakin baik dan mantab berkat kontribusi aktif dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan khususnya di sektor penerbangan. Semoga pada kesempatan ini, menjadi momentum dalam sinergitas pembangunan wilayah di Kabupaten Sleman,” jelas Sri Purnomo.

Sementara Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Marsda (purn) Udin Kurniadi SE MM menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini dapat menambah ketertarikan dari para pemuda Sleman untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kedirgantaraan misalnya saja bandara.

Menurutnya bandara merupakan suatu hal yang terus berkembang di Indonesia baik lokal maupun internasional dan sudah seharusnya pemuda-pemuda di Indonesia yang mengisi tenaga kerja di sekor tersebut.  

”STTKD sebagai sekolah tinggi yang berfokus pada kedirgantaraan siap untuk mendidik para pemuda yang ada di Sleman untuk bekerja maupun berkarya di bidang penerbangan,” kata Udin. 

Udin juga menambahkan bahwa diera persaingan dunia kerja yang semakin ketat, negara ASEAN seperti Vietnam yang saat ini mempunyai kurang lebih 8.000 karyawan penerbangan dibekali pelatihan bahasa indonesia.

”Apabila kita tidak mensiasati hal ini maka ini bisa menjadi suatu ancaman apabila bandara-bandara yang ada di Indonesia justru dikuasai oleh tenaga kerja asing,” jelasnya.

Melalui kerja sama dengan Pemkab Sleman, Udin berharap agar mendorong para pemuda di Sleman untuk belajar dan berkarya di penerbangan.

”Mudah-mudahan dengan MOU ini dapat meningkatkan semangat dan minat pemuda di Sleman dalam bekerja dan berkarya di bidang penerbangan,” tambahnya.(MC.Kab.Sleman/Eyv)