Atlet Muda Baseball Bandung Akan Berlaga di Tiongkok

:


Oleh MC Kota Bandung, Senin, 5 Desember 2016 | 19:48 WIB - Redaktur: Tobari - 668


Bandung, InfoPublik - Lima atlet usia dini asal Kota Bandung akan akan bergabung dalam tim nasional mewakili Indonesia dalam pertandingan The 9th U12 Asian Baseball Championship 2016 di Kota Zhongshan, Provinsi Guangdong, Tiongkok, dari tanggal 9-13 Desember mendatang.

Mereka dipilih setelah mewakili Jawa Barat memenangkan Kejuaraan Nasional Junior Baseball U12 di Jakarta pada bulan Februari lalu. Tim ini mendapat apresiasi Walikota Bandung M. Ridwan Kamil, saat bertemu di Pendopo Kota Bandung, Senin (5/12).

Sebanyak 30 orang anggota tim dari Indonesia akan berangkat pada tanggal 7 Desember 2016. Mereka terdiri dari 15 orang peserta dengan perincian 5 orang dari Jawa Barat dan 10 orang dari DKI Jakarta. Selebihnya adalah Head of Delegates, manager, umpire, pelatih, dan pendamping.

Sebelum berangkat, para peserta mendapatkan arahan dan nasihat dari Walikota Bandung agar dapat meraih juara di pertandingan nanti. Mereka diterima Walikota di Ruang Arab Pendopo.

“Jangan takut. Mereka sama saja dengan kamu, sama-sama makan nasi, makan pizza,” ujar Ridwan saat menemui para atlet yang masih duduk di bangku SMP itu. “Musuhmu itu bukan mereka. Musuhmu adalah dirimu sendiri. Taklukkan itu,” nasihat Ridwan.

Ia juga menekankan agar selain menjaga fisik, kunci kesuksesan juga terletak pada kemampuan mengelola pikiran. “Fisik mah gimana pikir. Kalau kamu pikir kuat, pasti kuat. Kalau kamu pikir seadanya, ya seadanya,” tuturnya. 

Ia lantas mendoakan agar tim yang berangkat ke Tiongkok ini mendapatkan hasil yang maksimal. “Karena ini membela tanah air, saya kira bisa sampai ke Tiongkok saja sudah jadi pahlawan. Mudah-mudahan nanti di sana bisa berprestasi,” ucap Walikota.

Manajer tim, Linda Mahdis menerangkan kepada Walikota bahwa pada kejuaraan nasional, kelima anak ini berhasil mendapatkan penghargaan, yaitu Best Pitcher, Best Slugger, Most Valuable Player, Best Hitter, dan Best Run Batted In (RBI). “Dari lima penghargaan, lima-limanya dari Jawa Barat,” jelas Linda.

Ia mengatakan, kelima atlet muda Kota Bandung itu setiap minggu rutin berlatih di UPI di bawah asuhan klub Rusa Hitam. Mereka bersekolah di SMPN 2 Bandung, SMPN 7 Bandung, SMP Al Azhar, SMP Pelita Nusantara, dan SD Gagas Ceria.

Di Zhongshan nanti, tim Indonesia akan berhadapan dengan 8 negara lain, yaitu Jepang, Korea Selatan, Mongolia, India, Pakistan, Taiwan, dan Hong Kong. Zhongsang sendiri merupakan pusat perkembangan olahraga Baseball di Tiongkok. Kota ini telah mengembangkan 20 tim baseball dan melatih lebih 500 pemain muda. (MC kota Bandung/toeb)